Gelar Pameran UMKM di Bandara YIA, Hippi Butuh Dukungan Kebijakan Pemerintah agar Naik Kelas

Kuntadi ยท Kamis, 24 November 2022 - 12:48:00 WIB
Gelar Pameran UMKM di Bandara YIA, Hippi Butuh Dukungan Kebijakan Pemerintah agar Naik Kelas
DPC Hppi Kulonprogo menggelar pameran produk UMKM di Kawasan Tugu Malioboro Bandara YIA. (foto: inews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Ketua DPD Himpunan Pengusaha Pribumi (Hippi) DIY Sarbini berharap pemerintah ikut mendukung upaya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas melalui kebijakan yang pro rakyat. Hal ini penting agar UMKM berani bersaing dan bertanding melawan pemilik ekonomi kapitalis. 

Menurut Sarbini, UMKM selama ini lebih condong ke ekonomi kerakyatan. Kondisi ini menjadikan UMKM belum bisa bersaing, bertarung dengan pemilik ekonomi kapitalis. 

“Agar UMKM memiliki kekuatan untuk melawan kapitalis, pemerintah harus memberikan dukungan berupa kebijakan politis dan tindakan nyata,” kata Sarbini yang akrab disapa Mbah Ben dalam pembukaan pameran UMKM Happy New Year market di Kawasan Tugu Malioboro, Bandara YIA, Kamis (24/11/2022). Pameran ini dilaksanakan mulai hari ini sampai 22 Januari 2023 mendatang. 

Selama ini pelaku UMKM mengalami keterbatasan akses ke perbankan untuk mendapatkan modal. Tidak sedikit yang terkendala agunan, sehingga usaha yang dijalankan stagnan. 

“Pemerinta harus ikut memfasilitasi. Bank juga harus merubah paradigma dari ekonomi kapitalis ke ekonomi kerakyatan. Berilah kemudahan dan kesempatan,” ujarnya. 

Hippi juga akan merubah paradigma yang ada dalam pelaku UMKM, yang selama ini santai dan terkesan manja. Mereka harus memutar otak untuk mengembangkan usaha mereka. Terbukti banyak pelaku UMKM yang bisa menembus pasar ekspor. 

“Melalui pameran ini, minimal untuk mengenalkan produk yang ada agar lebih dikenal pasar yang lebih luas,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: