UMY Kirim Logistik dan Tim Medis Bantu Korban Gempa Cianjur

Kuntadi ยท Senin, 28 November 2022 - 13:15:00 WIB
UMY Kirim Logistik dan Tim Medis Bantu Korban Gempa Cianjur
Para relawan UMY yang akan dikirim untuk membantu korban gempa Cianjur. (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerjunkan tim relawan untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Selain itu juga disalurkan 300 paket bantuan berupa sembako, alat mandi dan pakaian yang disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Lazismu). 

Relawan yang diterjunkan ini berasal dari unit kerja mahasiswa dan tim bantuan medis (TBM) alert di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Tim ini akan bergabung dengan Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) yang sebelumnya sudah tiba lebih awal. 
 
“Kami terjunkan relawan dari TBM dan juga menyalurkan bantuan 300 paket  bantuan alat mandi, pakaian dan bahan makanan pokok,” kata Ketua Pengurus Lazismu UMY, Rozikan, saat melepas pemberangkatan tim, Minggu (27/11/2022). 

Menurut dia, bantuan yang dikirimkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengungsi. Mereka sudah berkoordinasi dengan tim yang sudah ada di sana, sehingga apa yang menjadi kebutuhan sudah terdata.  

“Kami sudah berkoordinasi dengan tim logistik yang ada di lokasi bencana, agar kami bisa memprioritaskan keperluan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh korban. Dan untuk saat ini yang paling dibutuhkan adalah perlengkapan mandi dan kebersihan,” kata Rozikan.

Menurut Rozikan, proses pengumpulan bahan bantuan logistik memakan waktu yang terbilang cepat, sekitar kurang dari dua hari. Ini dikarenakan Lazismu sudah mempunyai anggaran yang secara khusus dialokasikan untuk bencana kemanusiaan.

“Dana yang kami gunakan juga berasal dari donasi yang diberikan oleh masyarakat, dan kesempatan untuk berdonasi akan tetap terbuka hingga 31 Desember,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: