UMY Luncurkan Program Pemberdayaan Pesantren untuk Kemandirian Ekonomi 

Kuntadi · Minggu, 25 September 2022 - 11:48:00 WIB
UMY Luncurkan Program Pemberdayaan Pesantren untuk Kemandirian Ekonomi 
UMY meluncurkan program pemberdayaan pesantren untuk mendukung kemandirian ekonomi. (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan program pemberdayaan kepada pondok pesantren untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Program ini telah dilaksanakan di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam, Jetis, Bantul, Akhir pekan kemarin. 

Program yang digagas UMY ini dilaksanakan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Program ini untuk melaksanaan program kemitraan masyarakat (PKM) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). 

“Kegiatan ini untuk mendukung pemerintah dalam menjadikan  pesantren sebagai pilar untuk mengembangkan ekonomi syariah juga industri halal,” kata Ketua Pelaksana Program, Nasrullah. 

Dalam pemberdayaan ini, LPM UMY menjalin kemitraan dengan pondok pesantren Raudhatus Salaam yang memiliki wakaf berupa lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Kegiatannya meliputi penyuluhan, pelatihan hingga penanaman pohon dan penanaman tanaman yang produktif. Harapannya bisa memberikan nilai ekonomi dan berkelanjutan sehingga dapat tercipta kemandirian ekonomi pesantren.

“Agribisnis merupakan salah satu faktor penting bagi Indonesia dalam memiliki ketahanan ekonomi dan pangan,” katanya. 

Sebelum dilakukan penanaman pohon, LPM UMY telah memberikan penyuluhan meliputi tata guna lahan, teknik penanaman tanaman dan cara merawatnya serta menjaga kesuburan tanah. Untuk jenis tanaman dan pohon yang akan dibudidayakan seperti pisang, nangka dan tanaman pagar untuk pakan ternak.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: