UMY-PT Transjakarta, Sepakat Kerja Sama Bidang Riset dan Kelistrikan

Kuntadi ยท Selasa, 26 Juli 2022 - 10:45:00 WIB
UMY-PT Transjakarta, Sepakat Kerja Sama Bidang Riset dan Kelistrikan
Rektor UMY Gunawan Budiyanto memberikan cinderamata kepada Dirut PT Tranjakarta Yana Aditya usai mou kerjasama bidang riset dan kelistrikan di kampus UMY, Senin (25/7/2022). (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalin kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta dalam bidang riset dan kelistrikan mobil. UMY siap memberikan inovasi dan terobosan dalam bidang kelistrikan untuk kendaraan. 

Penandatangan nota kesepahamam kerja sama ini dilakukan oleh Rektor UMY Gunawan Budiyanto dengan Dirut Transjakarta Yana Aditya, di Gedung AR Fachrudin A, Senin (25/7/2022). 

Rektor UMY, Gunawan mengatakan UMY memiliki gedung pusat riset dan inovasi. Mereka siap digandeng institusi manapun untuk berkolaborasi dalam menciptakan inovasi dan terobosan teknologi. Termasuk dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat. 

"Banyak temuan-temuan di UMY yang sudah memiliki hak paten. Kami juga sudah mempunyai pusat riset dan inovasi untuk mengembangkan networking dengan menciptakan terobosan teknologi yang dibutuhkan masyarakat, termasuk dengan PT Transportasi Jakarta ini,” kata Gunawan.

Kerja sama ini salah satunya ditekankan pada bidang riset yang berhubungan dengan kelistrikan mobil. Sedangkan permasalahan yang kerap dihadapi pada teknologi baterai. Hal ini selaras dengan Transjakarta yang sudah beralih menggunakan mobil listik. 

“Kerja sama ini pada riset untuk teknologi kelistrikan dari mobil tersebut. Untuk tujuan riset dan pengembangan pendidikan, ke depan mahasiswa bisa magang di perusahaan ini,” ujar Gunawan.

Gunawan menegaskan networking menjadi salah satu hal penting bagi kemajuan sebuah universitas. Melalui networking bisa meningkatan mutu akademik, peningkatan atmosfer internasional, dan juga social responsibility.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: