UMY Wisuda 1.237 Mahasiswa, Rektor: Wisudawan Harus Berperan Membangun Bangsa

Kuntadi · Rabu, 07 September 2022 - 20:51:00 WIB
UMY Wisuda 1.237 Mahasiswa, Rektor: Wisudawan Harus Berperan Membangun Bangsa
Rektor UMY Gunawan Budiyanto mewisuda perwakilan mahasiswa dalam wisuda sarjana di Sportorium UMY, Rabu (7/9/2022). (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar wisuda kepada 1.237 wisudawan untuk program vokasi, sarjana dan pascasarjana, Rabu (7/9/2022). Wisuda digelar di Sportorium UMY dengan konsep hybrid, ada yang hadir secara offline namun ada yang online. 

Wisuda ini dilaksanakan dua hari, mulai hari ini sampai Kamis (8/9/2022). Wisuda ini dibuka Rektor UMY Prof Gunawan Budiyanto dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube resmi UMY. 

“Selamat kepada para peserta wisuda yang berhasil secara resmi menyelesaikan studinya di UMY,” kata rektor. 
Gunawan mengatakan belakangan ini selalu terdengar istilah bonus demografi. Isu ini selalu dijual para politisi dan pejabat. Namun tidak ada satupun yang bisa mengurai istilah tersebut.  

Menurutnya, bonus demografi secara umum terjadi bagi masyarakat di perkotaan. Ironisnya justru sebagian besar yang tidak mendapatkan akses menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah para pemuda di rentang usia 15-30 tahun yang berjumlah jutaan.

“Pada tahun 2035, hampir 40 persen struktur penduduk Indonesia akan terdiri dari usia produktif antara 20-35 tahun. Tetapi yang mendapatkan peningkatan kualitas sumber daya manusia itu tidak lebih dari 10 persen,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: