Usai Uji Coba Rudal Antarbenua, Korut Pastikan Tak Bisa Dikendalikan AS

Anton Suhartono ยท Senin, 28 Maret 2022 - 15:34:00 WIB
 Usai Uji Coba Rudal Antarbenua, Korut Pastikan Tak Bisa Dikendalikan AS
Korea Utara (Korut) memastikan jika negaranya tak bisa dikendalikan Amerika Serikat (AS). (Foto : reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) memastikan jika negaranya tak bisa dikendalikan Amerika Serikat (AS). Pemimpin Korut Kim Jong Un memastikan negaranya akan terus mengembangkan kemampuan serangan yang tangguh yang tak bisa diganti atau dijual dengan apa pun. 

Pernyataan keras Kim Jong Un ini disampaikan Senin (28/3/2022), beberapa hari setelah Korut menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 yang memiliki kemampuan lebih besar dari senjata sebelumnya.

Saat bertemu dengan para pejabat, ilmuwan, teknisi, dan pekerja yang berperan dalam uji coba tersebut, Kim Jong Un mengatakan hanya negara yang memiliki kemampuan menyerang yang tangguh bisa mencegah perang.

"Hanya ketika satu pihak dilengkapi dengan kemampuan menyerang yang tangguh, kekuatan militer luar biasa yang tidak bisa dihentikan oleh siapa pun, dia dapat mencegah perang, menjamin keamanan negara, serta menahan dan mengendalikan semua ancaman dan pemerasan oleh imperialis," Kim kata, seperti dilaporkan KCNA.

Menurut Kim, ICBM terbaru tersebut dibuat untuk mencegah setiap aktivitas militer Amerika Serikat (AS). Sejak Perang Korea yang berlangsung pada 1950-1953, Korut dengan AS selaku sekutu dekat Korea Selatan, secara teknis masih berstatus perang. Pihak bertikai hanya meneken perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri perang dan masih berlaku sampai saat ini, bukan kesepakatan damai yang permanen.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: