Viral Sampah Berserakan di Lapangan Denggung, Ini Tanggapan DLH Sleman

erfan erlin ยท Senin, 30 Mei 2022 - 13:25:00 WIB
Viral Sampah Berserakan di Lapangan Denggung, Ini Tanggapan DLH Sleman
Sampah berserakan di Lapangan Denggung Sleman usai pasar malam. (Foto: @merapi_uncover)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman Ephipana Kristinani mengaku tidak mengetahui siapa pelaksana pasar malam di Lapangan Denggung tersebut. Mereka sangat menyesalkan panitia tidak menghubungi DLH Sleman perihal adanya kegiatan di sana.

Tak hanya itu, mereka juga tidak pernah dihubungi terkait kegiatan pasar malam tersebut. Karena sejatinya ketika mereka berkoordinasi maka nanti DLH dapat melakukan antisipasi terhadap kemungkinan melonjaknya jumlah sampah.

"Bila dihubungi, setidaknya kami dapat menyiapkan sejumlah kontainer sampah milik kami," ujarnya. 

Meski begitu, dia mengakui jumlah tempat sampah di Lapangan Denggung tak memadai. Walaupun DLH memiliki petugas kebersihan, tetapi mereka hanya ditugaskan sebagai penyapu jalan. 

"Kami ada petugas penyapu jalan, tetapi bukan petugas kebersihan kegiatan,” katanya. 

Petugas kebersihan yang dimiliki hanya sekitar 13 orang termasuk menyapu dan membersihkan lapangan Denggung. Sedangkan sampah sisa pasar malam mencapai lebih dari satu unit truk.

Saat ini, baru ada satu kontainer di Lapangan Denggung.  DLH Sleman sedang mengevaluasi kebutuhan tempat sampah di sana.   

"Kami akan coba menempatkan tempat sampah yang membedakan jenis sampah itu. Area publik memang perlu tempat sampah," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: