Viral Sampah Berserakan di Lapangan Denggung, Ini Tanggapan DLH Sleman

erfan erlin ยท Senin, 30 Mei 2022 - 13:25:00 WIB
Viral Sampah Berserakan di Lapangan Denggung, Ini Tanggapan DLH Sleman
Sampah berserakan di Lapangan Denggung Sleman usai pasar malam. (Foto: @merapi_uncover)

SLEMAN, iNews.id - Sebuah posting yang mengeluhkan banyaknya sampah di Lapangan Denggung Sleman usai pasar malam di akun twitter @Merapi_Uncover ramai dikomentari warganet. Sebagian besar menghujat perilaku buang sampah sembarangan.

Dalam akun @kokohbaskoro yang diunggah dalam akun @Merapi_uncover menulis “Pemerintah repot-repot nggawekke fasilitas umum uapik malah rakyat e nggatheli gur buang sampah pada tempatnya e angel ko arep munggah kaji” 

Unggahan inipun banyak menuai komentar dari warganet. Seperti yang diunggah @divo_aja menulis "Budaya orang indonesia yang sesungguhnya”. 

"Kalian berharap apa sama masyarakat Indonesia soal kebersihan?" tulis @zatbasi.

"Yo piye yo karang wong okeh.. Tapi kondisi ngene yo ora gor terjadi neng sleman tok kok," tulis masmon melalui @remonsantya. 

"Ngene jaluk pemerintah seng apik wong kelakuan wargane yo nyampah ngene," timpal Uyabubay @Bayu_Priyo.

Pemkab Sleman lantas membalas "Slemanis, matur nuwun atas informasinya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Slemin teruskan ke Dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti #laporsleman,"tulis mereka.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman Ephipana Kristinani mengaku tidak mengetahui siapa pelaksana pasar malam di Lapangan Denggung tersebut. Mereka sangat menyesalkan panitia tidak menghubungi DLH Sleman perihal adanya kegiatan di sana.

Tak hanya itu, mereka juga tidak pernah dihubungi terkait kegiatan pasar malam tersebut. Karena sejatinya ketika mereka berkoordinasi maka nanti DLH dapat melakukan antisipasi terhadap kemungkinan melonjaknya jumlah sampah.

"Bila dihubungi, setidaknya kami dapat menyiapkan sejumlah kontainer sampah milik kami," ujarnya. 

Meski begitu, dia mengakui jumlah tempat sampah di Lapangan Denggung tak memadai. Walaupun DLH memiliki petugas kebersihan, tetapi mereka hanya ditugaskan sebagai penyapu jalan. 

"Kami ada petugas penyapu jalan, tetapi bukan petugas kebersihan kegiatan,” katanya. 

Petugas kebersihan yang dimiliki hanya sekitar 13 orang termasuk menyapu dan membersihkan lapangan Denggung. Sedangkan sampah sisa pasar malam mencapai lebih dari satu unit truk.

Saat ini, baru ada satu kontainer di Lapangan Denggung.  DLH Sleman sedang mengevaluasi kebutuhan tempat sampah di sana.   

"Kami akan coba menempatkan tempat sampah yang membedakan jenis sampah itu. Area publik memang perlu tempat sampah," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: