Waduh, Covid Bisa Timbulkan Efek Jangka Panjang

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 22:42:00 WIB
Waduh, Covid Bisa Timbulkan Efek Jangka Panjang
Petugas medis melintasi ruang isolasi di RSUP Dr Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta. (Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Sementara, konsultan senior penyakit menular di Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura, Profesor Dale Fisher, meyakini adanya long Covid atau gejala yang dialami mantan pasien Covid-19 dalam waktu lama. 

“Saya percaya bahwa apa yang disebut ‘Covid jangka panjang’ itu memang ada. Akan tetapi, sulit untuk mengklaim semua gejala itu sepenuhnya kepada Covid-19 secara khusus, tanpa penelitian lebih lanjut,” ucapnya. 

Dia menuturkan, kecemasan, depresi, serta gangguan tidur saat ini lebih umum dirasakan, bahkan pada orang-orang tanpa Covid-19 sekalipun. Akan tetapi, temuan-temuan objektif seperti perubahan hasil pemeriksaan radiologis pada dada, serta penurunan fungsi ginjal itu sulit untuk diperdebatkan, jika bukan akibat Covid.

“Tapi pengaruhnya untuk jangka waktu yang lebih lama masih belum diketahui,” kata Fisher. 

“Saya tidak mengerti, mengapa banyak orang lebih khawatir dengan vaksin dibandingkan dengan mengkhawatirkan Covid-19 itu sendiri. Padahal, ada risiko efek jangka panjang (ketika sudah terinfeksi) Covid-19, yaitu kelelahan, sesak napas, gangguan tidur, kecemasan, depresi, kerusakan ginjal, dan paru-paru yang terluka,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib