Warga Papak Kulonprogo Temukan Batuan Kuno di Areal Makam Ledhek Simplek

Kuntadi ยท Kamis, 26 Agustus 2021 - 19:03:00 WIB
Warga Papak Kulonprogo Temukan Batuan Kuno di Areal Makam Ledhek Simplek
Warga mendata jumlah batuan kuno yang mirip dengan rancak gamelan di makam Ledhek Simplek Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Warga Padukuhan Papak, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo menemukan rancak atau alat penyangga gamelan yang terbuat dari batu, kamis (26/8/2021). Perangkat yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun ini ditemukan di tengah tempat permakaman umum (TPU) Papak. 

Setidaknya ada 129 bagian bebatuan kuno yang ditemukan warga. Sebagian masih utuh dengan panjang sekitar 30 centimeter namun ada juga yang sudah patah. Batu ini terbuat dari batuan andesit dengan dengan motif berupa pahatan. Selain itu ada juga yang mirip dengan nisan batu. 

Tokoh masyarakat Papak, Kasdi (76) mengatakan, temuan ini berawal dari gotong royong warga di areal makam. Setiap bulan Muharram warga rutin melakukan bersih-bersih areal makam ini. Saat itulah ada yang mencangkul dan ujungnya mengenai batuan.

“Awalnya kena cangkul kemudian digali dan semakin banyak,” katanya.

Warga kemudian melakukan penggalian hingga pada kedalaman 1 meter. Saat itu ditemukan batuan yang jumlahnya 129 buah. Lokasi batuan ini terkumpul di satu lokasi dan tidak menyebar. 

“Batunya itu mirip dengan artefak, sehingga warga penasaran dan menggali untuk dikumpulkan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: