Wuih, Pria Ini Bisa Tarik Uang Tunai hingga Rp25 Miliar Tanpa Ketahuan Bank

Umaya Khusniah ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 22:08:00 WIB
 Wuih, Pria Ini Bisa Tarik Uang Tunai hingga Rp25 Miliar Tanpa Ketahuan Bank
Pria di Australia pernah berkali-kali menarik uang di mesin ATM tanpa terdeteksi bank. (Foto: Reuters)

CANBERRA, iNews.id - Seorang pria di Australia mengaku berhasil menarik uang hingga Rp25 miliar tanpa ketahuan bank. Dia menarik uang melalui mesin ATM tanpa terdeteksi. 

Pria beruntung itu bernama Dan Saunders, warga Wangaratta, utara Melbourne, Australia. 

Kejadian ini berawal pada 2011 silam. Dia secara tidak sengaja, dia menemukan kelemahan sistem perbankan yang membuatnya bisa memiliki uang tunai puluhan miliar rupiah. 

Dilansir dari VICE, kisah viralnya ini bermula saat berada di bar pada suatu malam, dia ingin mengecek saldo rekeningnya melalui ATM. Dia mendapati mesin ATM menampilkan 'informasi saldo tak tersedia'.

Dia lantas mentransfer 200 dolar Australia dari rekening kartu kredit ke rekening tabungan. Namun informasi di layar menyebutkan 'transaksi batal'. Kartu pun langsung keluar dari mesin ATM.

"Saya pikir ini aneh sekali," kata Saunders. 

Meski merasa aneh, Saunders mencoba menarik uang 200 dolar Australia yang dia transfer sebelumnya. Anehnya, dia bisa mendapatkan uang tersebut. 

Masih di malam yang sama, dia masih penasaran dengan apa yang barusan dia alami. Dia pun kembali mendatangi mesin ATM yang sama. 

Iseng, dia kembali melakukan apa yang sebelumnya dia lakukan. Ternyata uangnya keluar.

Dia lantas menambah jumlah nominalnya. Kali ini 500 dolar Australia dan 600 dolar Australia dari rekening kartu kredit ke rekening tabungan. 

"Ternyata uangnya juga bisa ditarik. Seperti sulap," kata Saunders.

Hal itu terus menerus dia lakukan. Berapa pun uang yang ditransfer dari dua rekening yang dia punya, uangnya bisa diambil.

Satu hal yang unik, semua transaksinya hanya bisa dilakukan pada dini hari. Saunders akhirnya menyadari ada kelemahan sistem yang hanya terjadi pada pukul 01.00 hingga 03.00. Saat itu lah mesin ATM dalam status offline atau terputus dari jaringan bank.

Kelemahan sistem ini malah membuat Saunders jadi orang kaya baru. Dia terus menarik uang tiap dini hari. 

Penasaran, dia pun sempat menghubungi bank. Pegawai bank yang mengecek mengatakan tidak ada yang aneh dengan rekeningnya.

Berbekal uang ATM, selama 4,5 bulan dia berfoya-foya. Setiap malam, makan restoran-restoran mewah. Dia juga berpesta setiap akhir pekan bersama kawan. 

Lebih mengagetkan lagi, dia bahkan mampu menyewa jet pribadi dan vila. Dia mengundang kawan lama maupun baru untuk menikmati makanan dan minuman. 

Tak hanya hura-hura, dia juga melunuasi uang kuliah beberapa kawan. Dia bahkan membiayai temannya yang menempuh studi di Prancis.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: