Hand sanitizer buatan mahasiswa UNY berbahan dasar daun sirih dan jeruk nipis. (Foto : dok Humas UNY)
Priyo Setyawan

YOGYAKARTA, iNews.id- Keren, mahasiswi UNY ini berhasil membuat hand sanitizer dari bahan alami. Hand sanitizer dari daun sirih dan jeruk nipis ini lebih ramah lingkungan harganya juga terjangkau.

Mahasiswi keren ini bernama Ismi Fauziah Zainurrobbi. Dia adalah Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Koseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY.

Ismi Fauziah Zainurrobbi  mengatakan  pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan perilaku masyarakat dal bahaam menjaga kesehatan untuk mencegah penularan penyakit. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. 

Namun yang menjadi permasalahan harga pembersih tangan tersebut bagi sebagian masyarakat tidak terjangkau.

“Karena itu saya mencoba membuat handsanitizer sederhana dari bahan alami daun sirih dan jeruk yang mudah didapatkan,” katanya, Jumat (17/12/2021).

Dia menjelaska jeruk nipis  dapat dimanfaatkan untuk pembuatan hand sanitizer karena memiliki komponen kimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri, dan saponin yang mempunyai aktivitas antimikroba. “Jeruk nipis mempu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus secara in vitro,” katanya.

Sedangkan daun sirih sudah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional sebagai antiseptik alami karena kandungan anti bakteri dan anti jamur sehingga digunakan sebagai obat kumur serta obat luka sejak zaman dahulu hingga sekarang.

“Hal ini dibuktikan juga dengan penggunaan gel antiseptik untuk tangan pada saat terjadinya penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri dan virus, contohnya SARS dan flu burung,” ujarnya.

Daun sirih juga  memiliki kandungan minyak atsiri yang merupakan sebuah senyawa yang berfungsi sebagai anti bakteri. Kandungan sepertiga dari minyakat siri pada daun sirih merupakan fenol dan sebagian besar adalah kavikol.

“Hal inilah yang menyebabkan atsiri lima kali lipat lebih efektif antiseptiknya dibandingkan dengan fenol biasa dan kaviol sehingga menimbulkan bau khas dari daun sirih,” katanya.

Bahan yang digunakan untuk membuat handsanitiser, yakni  daun sirih, jeruk nipis dan air bersih. Alat yang diperlukan  panci untuk merebus, wadah, saringan, gunting dan botol spray.

Cara pembuatannya cukup sederhana. Misal untuk 50 gram daun sirih, 4 buah jeruk nipis dan 200 ml air bersih.  Pertama daun sirih dicuci hingga bersih lalu potong menjadi bagian kecil-kecil. Tuang daun sirih dan air bersih dalam panci lalu direbus hingga mendidih.

Angkat dan tunggu hingga dingin. Potong jeruk nipis dan peras air sarinya. Ambil 8 ml sari air jeruk nipis tersebut dan campurkan dalam air rebusan daun sirih yang telah disaring. Aduk hingga tercampur lalu masukkan dalam botol spray. “Hand sanitizer alami siap digunakan,” katanya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT