Pelaku memasukkan uang ke dalam saku celana yang terekam kamera CCTV. (foto: istimewa)
Kuntadi

KULONPROGO, iNews.id - Aksi pencurian uang di SPBU Sindutan, Temon, Kulonprogo terekam CCTV. Pelaku seorang penumpang mobil pribadi yang berhenti untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Aksi pencurian ini terjadi pada Senin (26/9/2022) siang. Namun, video rekaman CCTV pencurian baru beredar di masyarakat sejak Selasa (28/9/2022). Dalam rekaman ini pelaku mengenakan kaos biru muda dan celana panjang cokelat muda.

Pelaku yang duduk di baris kedua turun untuk membeli BBM. Awalnya dia berdiri dan terlihat mengobrol dengan petugas SPBU. Petugas kemudian menerima uang pembayaran dan ke belakang mobil untuk mencatat nomor kendaran.

Saat petugas lengah itulah, pelaku duduk di kursi operator SPBU dan mengambil segepok uang kertas yang dimasukkan ke dalam saku celananya dengan cara membelakangi laci. Begitu pengisian selesai, pelaku langsung masuk ke dalam mobil dengan nopol yang terlihat secara jelas.    

Aksi pencurian baru diketahui petugas SPBU saat melakukan perhitungan uang untuk disetor ke bendahara. Awalnya petugas curiga karen banyak kertas bon pembelian BBM yang hilang. Ketika dihitung ternyata uang Rp400.000 yang ada di dalam laci juga hilang.   

“Kejadiannya saat petugas sedang menginput data nomor kendaraan. Karena curiga kami buka rekaman CCTV dan terlihat pelaku beraksi,” kata Arif Gunawan, petugas SPBU, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, kejadian pencurian uang di SPBU sudah sering terjadi. Namun baru kali ini yang terekam CCTV. Kejadian ini juga sudah dilaporkan ke Polsek Temon. 

Kapolsek Temon Kompol Riyono membenarkan adanya kejadian pencurian uang di SPBU. Sesuai rekaman pelau berpura-pura mengisi BBM, dan saat peugas lengah dia berkasi. 

“pelaku ini duduk di kursi dengan posisi tangan membelakangi membuka laci penyimpanan uang,” katanya. 

Riyono mengatakan, dari rekaman CCTV jelas kelihatan nomor kendaraannya. Sata ini petugas masih melakukan penyelidikan.     


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT