Wisatawan membayar retribusi di TPR Parangtritis. Meski PPKM Level 4 di DIY namun jumlah wisatawan ke Bantul tidak terpengaruh. (Foto : MNC Group/Erfan Erlin)
Angga Rosa

BANTUL, iNews.id- Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengklaim Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di DIY tidak mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul. Bahkan mereka menyebut kunjungan justru mengklaim sedikit kenaikan

Kepala Seksi Promosi dan Basis Data Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan minat wisatawan untuk berkunjung ke sejumlah obyek wisata di Bantul tetap stabil. PPKM level 4 di DIY tak mempengaruhi jumlah wisatawan. Terlebih mendekati bulan puasa, sehingga mereka memanfaatkan sisa liburan untuk berwisata.

"Tidak ada pengaruhnya kok. Masih stabil," kata dia, Senin (14/3/2022).

Lelaki yang akrab dipanggil Ipung ini menuturkan dibanding dengan minggu terakhir sebelum PPKM Level 4 berlaku, pekan kemarin ada penurunan jumlah wisatawan tetapi bukan karena PPKM level 4 pemicunya. Karena pekan sebelum PPKM Level 4 berlaku ada 2 hari libur.

berdasarkan data yang dikumpulkan di semua obyek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten dan beretribusi memang terlihat ada penurunan.  Namun jika dilihat dari trem kunjungan mingguan yaitu dari tanggal 7 hingga 13 Maret ada penurunan dibanding mingguan sebelumnya. 

"Pada mingguan tanggal 7-13 Maret 2022, jumlah wisatawan 44.161 orang," ungkap dia.

Pekan tersebut Dinas Pariwisata mampu meraup omset Rp.428.765.750. Di mana 87 persennya atau 38.507 orang mengunjungi kawasan Parangtritis. Jumlah ini turun 29,5 persen dibanding periode seminggu yang lalu. "Penurunan ini dikarenakan Minggu yg lalu ada libur 2 hari," ujar dia.

Namun jika dilihat dari tren kunjungan setiap akhir pekan, Ipung justru mengungkapkan, jumlah kunjungan pada akhir pekan kemarin mulai tanggal 11-13 Maret 2022 mencapai 32.959 orang. Di mana 87% nya atau 28.813 orang memang masih mengunjungi kawasan Parangtritis.

"Pendapatan kita sekitar Rp320.006.250. jumlah ini naik 6,3% dibanding jumlah akhir pekan minggu yang lalu," katanya. 


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT