Pemerintah Polandia melaporkan ada dua orang tewas akibat serangan rudal. (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

WARSAWA, iNews.id - Rudal yang menghantam perdesaan di Polandia pada Selasa lalu ternyata tidak ditembakkan dari wilayah Rusia. Ada indikasi jika rudal itu justru ditembakkan oleh tentara Ukraina.

Rudal ini menewaskan dua warga Polandia usai menghantam permukiman sekitar 6 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina. 

Dilansir dari kantor berita Associated Press (AP) mengutip seorang pejabat senior intelijen Amerika Serikat (AS), menyebut jika rudal buatan Rusia itu merupakan senjata pertahanan udara yang ditembakkan tentara Ukraina. 

Disebutkan rudal itu diluncurkan untuk mencegat serangan udara Rusia. Namun rudal yang ditembakkan tentara Ukraina itu gagal mengenai target hingga nyasar ke wilayah Polandia.

Pemerinah Ukraina sebelumnya mengklaim pasukannya berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal Rusia dengan sistem pertahanan sendiri.

Sebelumnya Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan rudal itu kemungkinan besar besar buatan Rusia, namun belum ada bukti pihak mana yang menembakkannya.

Sementara Presiden AS Joe Biden dalam konferensi pers di sela KTT G20 di Bali juga tak yakin jika rudal itu ditembakkan dari wilayah Rusia.

“Ada informasi awal yang membantahnya. Saya tidak ingin mengatakan itu sampai kami benar-benar menyelidikinya," ucapnya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT