Rektor UNY Prof Sumaryanto saat melakukan wisuda sarjana baru, di auditorium UNY, Sabtu (25/6/2021). (Foto : Dok Humas UNY)
Priyo Setyawan

SLEMAN, iNews.id-Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengelar wisuda lulusan secara luring dan  daring  di auditorium UNY, Sabtu (25/6/2022). Prosesi wisuda dilakukan secara simbolis oleh perwakilan lulusan, untuk wisudawan lainnya mengikuti dari tempat tinggal masing-masng.
 
Jumlah wisudawan sebanyak 937 lulusan, sebanyak 342 orang mengikuti secara luring dan 595 orang secara daring. 

Rinciannya program doktor (S3), 28  orang, program magister (S2)  176 orang, program sarjana (S1) 657 orang  dan prgram diploma 76 orang. Dari jumlah ini, 2 lulusan dengan predikat summa cumlaude  dan   343 lulusan dengan predikat cumlaude.

Rektor UNY Prof Sumaryanto mengatakan di era revolusi industri 4.0 dengan digitalisasi dan otomatisasi yang ditandai dengan disrupsi. Untuk itu dia berpesan agar para lulusan di era ini harus memiliki kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menjadi ciri dunia kerja di era digital.  

“Selain itu juga dapat memperkuat diri dengan memiliki kompetensi lain di luar kompetensi utama yang merupakan kemampuan tambahan terkait potensi yang dimiliki,” katanya.
Untuk itu, baik lulusan UNY yang dipersiapkan menjadi calon guru  dan telah memiliki empat kompetensi yakni  pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial  maupun non-kependidikan, tetap diharapkan memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja.
 
“Pekerja yang mempunyai kemampuan adaptif dan fleksibel cenderung akan mempunyai tingkat well being yang lebih baik,” ujarnya.

Staf Humas UNY Dedy Herdito menambahkan untuk sebaran 937 lulusan meliputi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 160 lulusan, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  120 lulusan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 145 lulusan. Kemudian  Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 113 lulusan, Fakultas Teknik (FT) 147 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 114 lulusan, Fakultas Ekonomi (FE) 106 lulusan dan Pascasarjana 32 lulusan. 


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT