40 Wartawan DIY Digembleng Kode Etik Jurnalistik di KLW PWI

Ainun Najib ยท Minggu, 20 Maret 2022 - 00:01:00 WIB
 40 Wartawan DIY Digembleng Kode Etik Jurnalistik di KLW PWI
Wakil Wali Kota Yogyakara, Heroe Poerwadi saat memberikan sambutan di acara Karya Latih Wartawan (KLW) yang digelar oleh PWI DIY. (Foto: Dok PWI DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sebanyak 40 wartawan yang biasa bertugas di wilayah DIY mengikuti Karya Latih Wartawan (KLW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY. Mereka digembleng dengan berbagai materi mulai dari kode etik jurnalistik hingga rambu-rambu hukum pers.

"KLW adalah untuk merekrut wartawan yang belum tergabung dalam organisasi profesi wartawan, dapat bergabung dengan PWI. Ini penting, agar wartawan tersebut mendapat perlindungan saat menjalankan aktivitas jurnalistiknya," ujar Ketua PWI DIY Hudono di aula kantor PWI DIY, Jalan Gambiran 45 Yogyakarta, Sabtu (19/3/2022).

Hudono mengatakan, keberadaan organisasi wartawan menjadi kebutuhan yang mendesak. Organisasi PWI DIY menjadi tempat bagi para wartawan untuk merancang masa depan pers, berkoordinasi, membangun jaringan dan relasi yang kuat guna mewujudkan pers yang profesional dan independen.

"Saat menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, wartawan tetap harus tetap menjaga independensi. Marwah dari pers yang harus profesional dan independen," tandasnya.

Selain itu, tak jarang wartawan harus berurusan dengan kasus hukum saat melakukan peliputan. "Kalau belum menjadi anggota PWI, kita tidak bisa memberikan advokasi. Tapi kalau sudah menjadi anggota PWI, kita akan memberikan pendampingan lewat Divisi Hukum PWI DIY," katanya. 

Dalam KLW ini, para peserta mendapatkan penguatan materi terkait kegiatan jurnalistik. Mulai dari rambu-rambu hukum pers dan kode etik jurnalistik serta pedoman pemberitaan ramah anak.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: