461 Warga Bantul Rapid Test, 13 Orang Reaktif Covid-19

Kuntadi ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 16:34 WIB
461 Warga Bantul Rapid Test, 13 Orang Reaktif Covid-19
ilustrasi rapid test

BANTUL, iNews.id – Hasil rapid test yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Bantul terhadap 461 warga telah keluar. Sebanyak 13 orang di antaranya Reaktif Covid-19, salah satunya komisioner Bawaslu Bantul.

“Semuanya ada 461 peserta rapid test dan hasilnya ada 13 yang reaktif,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Bantul, Budi Nur Rokhmah, kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Rapid test ini menyasar para pedagang pasar yang ada di Pasar Bantul dan 10 dari Bawaslu Bantul. Dari 13 reaktif ini, salah satunya merupakan komisioner Bawaslu Bantul dan sudah diminta melakukan isolasi mandiri.

“Sebanyak 12 orang dari pedagang dan ada 1 dari Bawaslu,” katanya.

Ke-13 peserta yang reaktif ini, telah diminta menjalani karantina mandiri di RS Lapangan Khusus Covid-19. Nantinya mereka harus mengikuti test swab, untuk memastikan apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak.
“Untuk memastikan hasilnya, harus ditindaklanjuti dengan swab tes,” katanya.

Ketua Bawaslu Bantul, Herlina mengakui ada salah satu komisioner yang hasil rapid tes-nya reaktif. Yang bersangkutan sudah diminta melakukan isolasi di rumah sakit.

“Mudah-mudahan hasilnya nanti negatif,” katanya.

Rapid test ini diikuti 10 orang dari Bawaslu, pengawas kecamatan dan pengawas desa. Mereka yang ikut, dipilih dari kerap melakukan aktivitas di luar dan berhubungan dengan orang banyak.


Editor : Kuntadi Kuntadi