Antisipasi PMK, Gunungkidul Keluarkan SE Proses Penyembelihan Hewan Kurban

Antara ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 08:12:00 WIB
 Antisipasi PMK, Gunungkidul Keluarkan SE Proses Penyembelihan Hewan Kurban
Petugas melakukan pemeriksaan hewan ternak mengantisipasi PMK. (Foto : Antara

GUNUNGKIDUL, iNews,id - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul, mengeluarkan surat edaran (SE) terkait penjualan hingga proses penyembelihan hewan pada Idul Adha. langkah ini untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul Wibawanti Wulandari mengatakan SE ini berisi penjualan ternak wajib ada rekomendasi dari DPKH, agar bisa dipantau.

"Selain rekomendasi DPKH, pemilik ternak juga wajib mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), sehingga kondisi ternak yang dijual terjamin bebas dari potensi penularan penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata Wibawanti di Gunungkidul, (4/7/2022)

Ia mengingatkan kepada pedagang hewan ternak tidak menjual hewan kurban di pinggir-pinggir jalan yang berdekatan dengan kandang ternak.

"Nanti kami akan menerjunkan petugas juga untuk melakukan pengawasan langsung," katanya.

Wibawanti memastikan aktivitas pasar hewan tetap dibuka dengan pemeriksaan ketat pada ternak yang hendak masuk. Mulai dari kelengkapan dokumen, pemeriksaan fisik, suhu, hingga kepatuhan protokol kesehatan (prokes).

"Kami mengintensifkan pemantauan lalu lintas hewan di pasar hewan mengantisipasi masuknya hewan ternak yang positif PMK," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: