Atasi Air Keruh PDAM, Gunungkidul Bangun Instalasi Pengolahan Air Seropan

Antara · Jumat, 10 Juni 2022 - 22:25:00 WIB
 Atasi Air Keruh PDAM, Gunungkidul Bangun Instalasi Pengolahan Air Seropan
Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama Ketua DPRD Endah Subekti Kuntariningsih melakukan ground breaking IPA Seropan. (Foto : HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Pemkab Gunungkidul membangun instalasi pengolahan air yang bersumber dari Seropan supaya tidak keruh. Upaya ini untuk mengatasi persoalan air keruh PDAM Tirta Handayani.

Direktur PDAM Tirta Handayani Toto Sugiharto mengatakan masalah air keruh yang dihadapi pelanggan masih terus terjadi, khususnya saat musim hujan.

Dari 16.800 pelanggan, 11.500 di antaranya mengeluhkan keruhnya air. “Kami coba urai masalah ini dengan membuat instalasi pengelolaan air (IPA). Rencana detail teknis (DED), rencana anggaran biaya (RAB) sudah kita ajukan di Ciptakarya Kementerian PUPR sembari menunggu dana kami siapkan lahan yang akan digunakan,” kata Toto di Gunungkidul, Jumat (10/6/2022).

Toto mengatakan pihaknya juga menjelaskan dalam rapat sinkronisasi program pembangunan IPA tersebut akan memiliki kapasitas 200 liter per detik. Pembangunan akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pembangunan akan dilakukan untuk kapasitas 100 liter per detik.

“Harapan kami jika ini nanti terbangun air yang diangkat dari sumber akan kami olah dulu baru disalurkan ke masyarakat jadi permasalahan air keruh dapat teratasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Gunung Kidul Irawan Jatmiko mengatakan pematangan lahan IPA Seropan akan memakan biaya Rp626 juta. Tahap awal akan melakukan pembangunan dinding penahanan, dan perataan lahan serta pembuatan akses jalan.

“Kami siapkan lahan untuk pembangunan IPA terlebih dahulu sembari menunggu dana yang sudah kita usulkan ke Kementerian PUPR,” katanya.

Dalam usulan tersebut rencananya pembangunan IPA tahap pertama kapasitas 100 liter per detik akan menelan anggaran kurang lebih Rp52 miliar.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: