Atasi Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Anak, Ini yang Dilakukan Pakar Pendidikan Dunia

Pandemi Covid-19 telah memunculkan potensi gangguan psikologis pada anak. Selain keterputusan pendidikan, anak juga rentan mengalami gangguan mental dan emosional serta kasus-kasus kekerasan. Saat ini anak-anak menghadapi krisis yang tak terduga dari sistem pendidikan yang gagap menghadapi wabah, sehingga tidak mengakomodir kebutuhan riil mereka.
“Forum ini menjadi wadah bagi semua unsur yang peduli pendidikan, baik pemerintah maupun swasta, untuk bersama-sama menciptakan ekosistem pendidikan global yang lebih baik. Forum ini juga disiapkan untuk membuka peluang lahirnya inovasi baru terkait dunia pendidikan pascapandemi,” katanya.
Dewan Penasehat EdHeroes, Cecilia Vaca Jones, mengatakan, pandemi telah menunjukkan betapa cepat semua stakeholder beradaptasi. Pihaknya mendukung sepenuhnya upaya menemukan cara-cara baru yang konstruktif dalam pendidikan.
“Kami percaya siapapun yang pertama menemukan paradigma akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” kata pakar pendidikan dari Bernard Van Leer Foundation ini.
Editor: Kuntadi Kuntadi