Awas, Ikan Berformalin dan Mi Mengandung Boraks Beredar di Sleman

Priyo Setyawan ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 23:12:00 WIB
Awas, Ikan Berformalin dan Mi Mengandung Boraks Beredar di Sleman
petugas BPOM DIY menguji sampel makanan. (foto; doc/iNews.id)

SLEMAN, iNews.id – Produk makanan yang mengandung zat berbahaya seperti formalin dan boraks masih beredar di pasar tradisional di Kabupaten Sleman. Terbukti dalam pemantauan pangan dan bahan berbahaya di Pasar Kejambon, petugas dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) menemukan ikan teri berformalin dan kerupuk serta mi basah yang mengandung boraks. 

Pemantauan dan pengawasan ini dilaksanakan tim terpadu Pemkab Sleman bersama BBPOM di Pasar Kejambon di Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Selasa (4/5/2021). Petugas mengambil 48 sampel makananan untuk diteliti di dalam laboratorium. Hasilnya ada lima yang mengandung zat berbahaya, seperti  ikan teri berformalin, krupuk karak dan mi basah mengandung boraks.  

“Makanan ini kami temukan dan tidak boleh beredar,” kata Kepala BBPOM Yogyakarta Dewi Prawitasari, Selasa (4/5/2021).

Kandungan formalin dan borak, bisa menyebabkan kanker. Hanya saja dampak ini tidak bisa dirasakan secara langsung namun empat atau lima tahun yang akan datang. Untuk itulah konsumen dan pedagang perlu dieduksi. Begitu juga produksen. 

“Masyarakat harus hati-hati, karena makanan ini mengandung bahan berbahaya jika dikonsumsi terus tidak baik untuk kesehatan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2