Bakal Ada Terminal Khusus Bus Wisata di Giwangan Yogyakarta, Ini Kata Menhub

Antara · Minggu, 29 Mei 2022 - 22:04:00 WIB
Bakal Ada Terminal Khusus Bus Wisata di Giwangan Yogyakarta, Ini Kata Menhub
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek kondisi Terminal GIwangan Yogyakarta. (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung rencana revitalisasi Terminal Bus Tipe A Giwangan, Kota Yogyakarta. Sesuai rencana, nantinya akan dibangun jalur khusus yang memisahkan jalur bus pariwisata dan angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP).

"Itu konsep yang baik. Ide yang baik dari pemerintah Kota Yogyakarta untuk memisahkan jalur pariwisata dengan jalur AKAP," kata Budi Karya usai meninjau sarana dan prasarana di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Minggu (29/5/2022).

Revitalisasi ini sesuai dengan kehendak pemerintah pusat yang ingin mengoptimalkan pergerakan AKAP, AKDP, serta angkutan pariwisata di seluruh terminal tipe A di Indonesia. Terminal Giwangan merupakan terminal legendaris yang memiliki fungsi strategis mendukung Yogyakarta sebagai destinasi wisata.

Sesuai rencana, lokasi terminal di sisi utara atau lokasi terminal saat ini dikhususkan untuk bus pariwisata. Sedangkan bus AKAP bakal menempati lokasi baru yang akan dibangun di sisi selatan terminal yang saat ini difungsikan untuk taman lalu lintas.

"Saya kira besaran (bangunan) yang ada ini sudah cukup besar. Kami sudah siapkan anggaran minimal Rp30 miliar untuk bangunan yang baru," kata dia.

Sebelum revitalisasi Terminal Giwangan berlangsung, Budi meminta dilakukan evaluasi menyeluruh guna menghindari duplikasi anggaran.

”Saya minta Bapak Dirjen Perhubungan Darat dan Penjabat Wali Kota Yogyakarta mengevaluasi dengan data," ujar dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: