Banyak Orang Marah Diminta Putar Balik saat Mudik, Ini Penjelasan Psikolog UGM

Kuntadi ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 19:23:00 WIB
Banyak Orang Marah Diminta Putar Balik saat Mudik, Ini Penjelasan Psikolog UGM
penyekatan kendaraan (Foto: doc/iNews)

YOGYAKARTA, iNews.id – Masa pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir membuat masyarakat menjadi sangat sensitif dan berpikir tidak rasional. Hal ini berujung banyak warga yang marah kepada petugas kepolisian ketika dipaksa putar balik di pos penyekatan saat Lebaran kemarin.  

“Banyak warga yang marah saat terjaring karena mereka tengah berada pada fase kekecewaan dan respons psikologis bencana. Mereka kecewa dengan masa pandemi yang tidak kunjung berakhir,” kata Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Diana Setiyawati, Rabu (19/5/2021).

Kondisi ini menjadikan masyarakat sangat sensitif dan lelah sehingga menjadi tidak rasional. Kondisi diperparah dengan pembatasan mobilitas termasuk larangan mudik dan penyekatan di setiap perbatasan wilayah. Hal ini menjadikan ruang gerak manusia sebagai mahkluk sosial untuk terhubung secara langsung semakin terbatas.

Peneliti Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM  mengatakan, sebagian masyarakat bisa beradaptasi dengan komunikasi secara digital. Namun banyak yang ingin mudik ke kampung halaman karena sudah dua tahun tidak berlebaran bersama keluarga. 

“Psikologis masyarakat sudah lelah terhadap pandemi dan hasrat untuk terhubung menjadi sangat besar,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3