Bawaslu Gunungkidul Dorong Kelompok Disabilitas Lakukan Pengawasan Partisipatif Pemilu

Antara ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 15:53:00 WIB
Bawaslu Gunungkidul Dorong Kelompok Disabilitas Lakukan Pengawasan Partisipatif Pemilu
Bawaslu Gunungkidul menggandeng kelompok disabilitas. Mereka akan dilibatkan dalam pengawasan partisipatif pemilu. (Foto Ilustrasi: Ist)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gunungkidul menggandeng kelompok disabilitas. Mereka akan dilibatkan dalam pengawasan partisipatif, baik sebagai penyelenggara pemilu atau peserta Pemilu Serentak 2024.

"Bawaslu telah melakukan penguatan pemahaman kepemiluan terhadap penyandang disabilitas dalam rangka menjaga hak pilih dalam penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024," kata Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto, di Gunungkidul, Kamis ((30/6/2022).

Dia mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, penyelenggara pemilu sebagaimana dituangkan dalam ada tiga, meliputi DKPP, KPU dan Bawaslu. Secara ketugasan, Bawaslu melakukan pencegahan, pengawasan, serta penindakan.

"Untuk itu, Bawaslu Gunungkidul mendorong kelompok disabilitas untuk dapat berpartisipasi sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu 2024," katanya.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Gunungkidul Is Sumarsono mengatakan untuk memastikan aksesbilitas maka Bawaslu memilik tugas dalam pengawasan tahapan.

”Peran pengawasan terhadap tahapan yakni terkait hak pilih. Bagaimana Bawaslu dapat menggandeng dari kelompok disabilitas dalam pengawasan partisipatif, baik sebagai penyelenggara pemilu atau peserta pemilu,” Is Sumarsana.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: