Begini Profil Tim Nanggala Kopassus dan Satgas Amole yang Sempat Bentrok di Papua

SM Said ยท Selasa, 30 November 2021 - 15:08:00 WIB
 Begini Profil Tim Nanggala Kopassus dan Satgas Amole yang Sempat Bentrok di Papua
Prajurit TNI dan Pasukan Brimob. (Foto: Istimewa).

TIMIKA, iNews.id- Dipicu salah paham soal harga rokok, personel personel Brimob dari Satgas Amole dan prajurit Kopassus dari Tim Nanggala terlibat bentrok di Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Kejadian itu membuat lima anggota Brimob terluka. 

Keributan antarsatuan elite di TNI Polri ini memang sudah didamaikan. Namun kedua kelompok ini tetap akan diproses hukum di instansi masing-masing.

Nah, berikut profil dua satuan elite tersebut : 

1. Nanggala Kopassus

Tim Nanggala identik dengan sebutan tim kecil intelijen tempur Kopassus yang dibentuk sejak Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus dipimpin Yogie Soewardi Memed yang kala itu berpangkat Brigadir Jenderal TNI.

Personel tim ini merupakan prajurit pilihan dari korps baret merah yang selain mempunyai kemampuan mumpuni dalam bidang Sandhiyudha (intelijen tempur). Karena anggotanya telah menempuh brevet Para Komando di Batujajar dan Cilacap.

Tim ini memiliki kemampuan khusus diatas rata rata prajurit Infantri Raider seperti bergerak lebih cepat dalam setiap penguasa medan atau matra baik darat, laut maupun udara, survival, amphibi, lintas udara, mobil udara, pertempuran jarak dekat, pengintaian dan infiltrasi serta kemampuan anti teror.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: