Beraksi 17 Kali di Sejumlah Masjid, Pencuri Spesialis Kotak Infak Ditangkap Polisi

Saeful Efendi · Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:51:00 WIB
Beraksi 17 Kali di Sejumlah Masjid, Pencuri Spesialis Kotak Infak Ditangkap Polisi
Polres Klaten menunjukkan tersangka pencuri kotak infak dan barang bukti. (foto: iNews.id/Saeful Efendi)

KLATEN, iNews.id - Satreskrim Polres Klaten, Jawa Tengah berhasil mengungkap kasus pencurian kotak infak di Masjid Al Mualimin yang terletak di Kecamatan Ngawen, Klaten pada 8 September silam. Pelaku RY (30) kini masih menjalani pemeriksaan.  

Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Guruh Bagus Eddy mengatakan, pelaku mengambil uang Rp600.000 di dalam kotak infak di Masjid Al Mualimin. Modusnya dengan mencongkel gembol pengaman.  

"Sistemnya hunting. Jalan-jalan jika ada sasaran dan dirasa aman, pelaku masuk masjid, potong gembok dan ambil uang,” ujarnya, Kamis (6/10/2022). 

Pengungkapan ini dilakukan setelah takmir masjid melaporkan kejadian ini ke polisi. Usai Salat Dzuhur, takmir curiga dengan kondisi kota infak dalam kondisi terbalik. Gembok diarahkan menempel di tembok.

Saat dicek ternyata gembok sudah rusak. Ketika dicek ternyata isinya sudah habis dan hanya tersisa sekitar Rp6.000. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke polisi.  

Dari laporan ini polisi melakukan penyelidikan dan mengarah kepada keterlibatan RY. Pelaku kemudian ditangkap dan dibawa ke Mapolres Klaten. 

“Pengakuannya dia sudah 17 kali beraksi. Untuk nilai kerugian masih dalam perhitungan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: