get app
inews
Aa Text
Read Next : 100 Persen Penduduk Terdaftar Peserta JKN, Badung Raih Penghargaan UHC Kategori Utama 2024

BPJS Kesehatan Sebut untuk Mengakses Layanan Cukup Pakai KTP

Jumat, 09 Juni 2023 - 14:58:00 WIB
BPJS Kesehatan Sebut untuk Mengakses Layanan Cukup Pakai KTP
Kunjungan Direktur Utama BPJS Kesehatan sat berkunjung ke RSU PKU Muhammadiyah Gamping. (Foto : Istimewa)

SLEMAN, iNews.id- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menandaskan tak perlu repot lagi untuk mendapatkan layanan mereka. Peserta BPJS Kesehatan hanya tinggal menunjukkan KTP dan tidak perlu lagi berbagai fotokopi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat berkunjung ke RSU PKU Muhammadiyah Gamping. Gufron menegaskan bahwa tahun ini BPJS Kesehatan fokus pada peningkatan mutu dan kualitas layanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

"Beragam inovasi dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses layanan yang berkualitas, baik dari segi administrasi kepesertaan hingga pelayanan kesehatan," ujar dia, Jumat (9/6/2023).

Gufron menambahkan, transformasi mutu layanan terus mereka gencarkan agar manfaat dari Program JKN semakin dirasakan oleh masyarakat secara luas. Namun meskipun wudah banyak yang tertolong dari adanya program ini ternyata  masih ada yang belum sepenuhnya peduli dengan jaminan kesehatan. 

Dia menjelaskan, penyelenggaraan Program JKN saat ini berfokus pada tiga hal yakni makin mudah, makin cepat, dan semua setara. Diharapkan tidak ada lagi diskriminasi sehingga seluruh peserta JKN mendapatkan pelayanan yang maksimal. 

Berbagai kemudahan terus dibangun agar peserta JKN mendapatkan kenyamanan dalam berobat di fasilitas kesehatan, baik di tingkat primer maupun lanjutan. Bahkan, ketika fasilitas kesehatan akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, wajib menandatangani dan melaksanakan komitmen yang tercantum dalam perjanjian kerja sama. 

"Salah satunya adalah simplifikasi layanan, tidak ada lagi permintaan fotokopi berkas. Kita sudah canggih dan modern sehingga banyak hal yang sudah jauh lebih mudah. Misalnya, tidak perlu lagi fotokopi berkas ketika akan berobat,"ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengembangkan antrean online yang terbukti mampu memangkas waktu tunggu layanan. Peserta cukup mengambil antrean dari mana saja melalui Aplikasi Mobile JKN, setelah itu peserta datang ke fasilitas kesehatan ketika nomor antrean sudah dekat. "Tidak ada lagi antrean panjang atau penumpukan pasien di rumah sakit,” ujarnya.

Editor: Ainun Najib

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut