Capaian Vaksinasi Booster Gunungkidul di Bawah Target, Rerata Baru 25 Persen

erfan erlin ยท Selasa, 19 Juli 2022 - 13:16:00 WIB
Capaian Vaksinasi Booster Gunungkidul di Bawah Target, Rerata Baru 25 Persen
vaksinasi booster (Foto: istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Capaian vaksinasi booster di Kabupaten Gunungkidul masih rendah, baru sekitar 25 persen. Untuk mendukung percepatan vaksinasi, Binda DIY menggelar vaksinasi di lima lokasi yang capaiannya paling rendah.  

Perwakilan BIN DIY di Gunungkidul, Eko Susilo menyatakan, berdasarkan menitoring dan evaluasi antara BIN dengan Satgas Covid-19, ternyata capaian vaksinasi booster di Gunungkidul baru 30 persen. Hanya ada 5 dari 30 puskesmas yang capaiannya di atas 35 persen. 

"Sisanya di rerata 25 persen. Jadi masih cukup rendah," tutur Eko di sela pelaksanaan Vaksinasi Booster yang digagas BIN di Sunggingan Kalurahan Umbulrejo Kapanewon Ponjong, Selasa (19/7/2022)

Eko mengatakan masih ada 5 wilayah yang capaiannya di angka 20 persen, dan Kapanewon Ponjong menjadi yang terendah. Meski begitu ada wilayah yang capaiannya sudah di atas 40 persen. Lantaran yang lain rendah sehingga reratanya juga rendah.  

Untuk itulah, Tim Mobile Vaksin BIN DIY bersama Dinas Kesehatan fokus melakukan pendampingan di zona yang capainnya rendah. Sebelumnya selama 20 hari fokus di Gedangsari yang kini sudah naik kelas. 

"Nantinya kami akan ada di Ponjong, Semin, Tanjungsari, dan Karangmojo sebagai 4 wilayah terendah," ujarnya. 

Salah satu yang disasar adalah wilayah Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Ponjong 1 untuk mengejar target 50 persen pada bulan Agustus.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: