Cegah Omicron, Lurah di Bantul Diminta Aktifkan Kembali Posko Kewaspadaan Covid-19

Antara ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 15:27:00 WIB
Cegah Omicron, Lurah di Bantul Diminta Aktifkan Kembali Posko Kewaspadaan Covid-19
Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meminta desa/kalurahan untuk mengaktifkan kembali posko Kewaspadaan Covid-19 guna mengantisipasi penularan virus Corona. Posko kewaspadaan ini diperlukan seiring maraknya penyebaran varian Omicron di Indonesia.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengatakan, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) disebutkan setiap kelurahan agar membuat posko kewaspadaan untuk mengantisipasi adanya varian Omicron. 

“Kami sudah sampaikan kepada lurah untuk membentuk posko Omicron dan akan didukung APBD Bantul 2022,”katanya. 

Joko mengatakan, ada anggaran sekitar delapan persen dari APBD 2022, yang diamanahkan di Perpres Nomor 104 Tahun 2021 untuk Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 tingkat kelurahan. Arahan dari Mendagri dipergunakan untuk membuat posko kewaspadaan terkait Covid-19.

Sejauh ini para lurah sudah membuat posko dan menyosialisasikannya kepada masyarakat. Bentuk kewaspadaan terkait Covid-19 tidak harus berbentuk pendirian posko.

"Tetapi, ada kelompok kewaspadaan terhadap Covid-19. Fungsi kelompok ini melakukan penyesuaian terhadap Peraturan Mendagri terkait dengan protokol kesehatan," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: