Dampak Pandemi Covid-19, Serikat Pekerja di Kota Yogyakarta Turun Jadi 125

Antara ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 21:10:00 WIB
Dampak Pandemi Covid-19, Serikat Pekerja di Kota Yogyakarta Turun Jadi 125
Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan jumlah serikat pekerja turun. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Jumlah serikat pekerja yang ada di Kota Yogyakarta mengalami penurunan dampak dari pandemi Covid-19 selama dua tahun. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans)  saat ini terus melakukan pendataan di lapangan untuk menjaga hubungan industrial

“Jumlah serikat pekerja mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun terakhir. Sehingga, dari data yang ada sekarang perlu dilakukan verifikasi lagi,” kata Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta Maryustion Tonang saat verifikasi keanggotaan serikat pekerja di Yogyakarta, Selasa (5/7/2022).

Sesuai data yang ada, jumlah serikat pekerja di Kota Yogyakarta mencapai 160. Pandemi Covid-19 menjadi serikat pekerja turun menjadi 125. Banyak serikat pekerja yang tidak aktif lagi. Verifikasi ini untuk memilih keterwakilan unsur yang akan duduk di kelembagaan hubungan industrial.

”Tinggal 125 serikat yang masih aktif dan memenuhi syarat,” katanya.

Verifikasi merupakan upaya untuk mengetahui perkembangan data keanggotaan serikat pekerja agar valid. Pekerja harus memahami bahwa keterwakilan mereka di kelembagaan hubungan industrial memiliki nilai penting dan strategis karena akan mewakili kepentingan seluruh pekerja. 

”Proporsi keterwakilan yang akan duduk di kelembagaan hubungan industrial ditentukan berdasarkan jumlah keanggotaan serikat pekerja sehingga dibutuhkan data yang valid dan akurat,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: