Dikirimi Bukti Transfer Palsu, Penjual Kayu Sonokeling Tertipu Rp53 Juta Lebih

Priyo Setyawan ยท Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:39:00 WIB
 Dikirimi Bukti Transfer Palsu, Penjual Kayu Sonokeling Tertipu Rp53 Juta Lebih
Petugas menunjukkan tersangka penipuan di Mapolres Sleman, Rabu (6/10/2021). (Foto : iNews.id/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id-Polres Sleman mengungkap kasus penipuaan pembayaran pembelian kayu dengan bukti transfer palsu. Petugas menangkap TH (39) warga Magetan, Jawa Timur dalam kasus  tersebut. 

Kanit IV Satreskrim Polres Sleman Iptu Apfryyadi Pratama mengatakan, kasus ini berawal saat TH, mengubungi temannya di Sleman melalui pesan  Whatapps (WA), Senin (19/10/2020). TH yang mengaku berkerja di PT Manggala Tana Sono Perkasa, Gresik memesan kayu Sonokeling, karena perusahannya sedang membutuhkan. Jumlahnya sebanyak 52 batang sekitar 3,5 m3 dengan harga 53,390 juta.

“Korban pun tertarik dengan tawaran itu. Untuk memastikan  pemesanan itu benar, korban menghubungi tersangka dengan video call,” katanya.

Karena percaya, korban membuat surat jalan dan kelengkapan untuk pengiriman kayu Sonokeling ke Pabrik tempat TH bekerja, Selasa (10/10/2020).  Setelah itu mengkonfirmasi  TH untuk pembayaran kayu tersebut.

TH selanjutnya mengirim struk transfer kerekening korban sebagai bukti pembayaran lunas sebanya tiga lembar. Setelah menerima bukti pembayaran tersebut, korban mengirimkan kayu Sonokeling yang dipesan TH  menggunakan truk. 

Namun saat korban mengecek ternyata tidak ada transferan masuk ke rekeningnya, bahkan beberapa hari berikutnya juga dicek kembali tetap tidak ada transferan. Untuk memastikan, korban menyuruh dua orang untuk menanyakan pembayaran tersebut ke PT Manggala Tama Sono Perkasa, ternyata dari pabrik uang pembelian sudah diserahkan kepada TH.
“Merasa tertipu, korban pun melapor  ke Polres Sleman,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: