DPRD Bantul Minta Objek Wisata Jangan Dibuka, sebelum Sosialisasi Protokol Kesehatan

Kuntadi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 16:42:00 WIB
 DPRD Bantul Minta Objek Wisata Jangan Dibuka, sebelum Sosialisasi Protokol Kesehatan
Objek wisata Pantai Parangtritis di Bantul (Foto: Antara/Hery Sidik)

BANTUL, iNews.id – Keinginan Bupati Bantul Suharsono untuk membuka objek wisata Pantai Parangtritis belum disetujui DPRD Bantul. Mereka minta agar tidak buru-buru dibuka, sebelum sosialisasi protokol kesehatan dilakukan kepada pelaku wisata.

“Perlu ada sosialisasi dulu kepada pelaku wisata, kalau pantai ini akan dibuka dengan protokol kesehatan yang jelas,” kata
Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bantul, Wildan Nafis kepada wartawan di DPRD Bantul Rabu (3/6/2020).

Pantai Parangtritis, masih menjadi andalan bagi Pemkab Bantul dalam mendongkrak pendapatan daerah. Semenjak Covid-19, pantai ini ditutup untuk wisatawan. Dewan berharap sarana dan infrastruktur pendukung Covid-19 harus ada sebelum kembali dibuka. Mulai dari alat pemeriksaan suhu badan, tempat cuci tangan hingga kewajiban mengenakan masker sampai aturan jaga jarak.

“Itu harus ada, kami tidak ingin ada klaster baru,” ujarnya.

Wildan melihat kasus Covid-19 di Bantul masih fluktuatif. Dinas Pariwisata bisa mencontoh pembukaan objek wisata di Pantai Baru. Di sana, penerapan protokol kesehatan dilakukan secara swadaya oleh pengelola. Bahkan petugas juga mengenakan face shield untuk melayani konsumen yang hendak makan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengaku, belum mengetahui kapan uji coba pembukaan objek wisata. Perkembangan kasus Covid-19 di Bantul masih fluktuatif. Sementara belum semua destinasi wisata yang ada siap dengan infrastruktur penanganan protokol kesehatan.

“Kalau trennya terus menurun bahkan tidak ada penambahan bisa jadi uji coba dilakukan pada bulan Juli,” katanya.

Dinas Pariwisata telah mengundang pelaku pariwisata terkait pelaksanaan new normal pariwisata jika diterapkan. Pelaku harus siap dengan protokol kesehatan. Sebelum dibuka juga akan dilakukan uji coba untuk melihat kesiapan pelaksanaan.


Editor : Kuntadi Kuntadi