Dukung Kebangkitan Pariwisata, 222 Fotografer dari 22 Negara Pamerkan Foto Borobudur-Merapi

Kuntadi ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 20:55:00 WIB
Dukung Kebangkitan Pariwisata, 222 Fotografer dari 22 Negara Pamerkan Foto Borobudur-Merapi
Pameran Fotografi Bara-Api akan menampilkan 228 karya dari 222 fotografer dari 22 negara. (foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sebanyak 222 fotografer dari 22 negara akan ambil bagian dalam pameran Fotografi Bara-Api di Museum Widayat, Magelang mulai 23 Juli-23 Agustus mendatang. Setidaknya ada 228 foto berukuran besar yang menampilkan keindahan dan keunikan Candi Borobudur dan Gunung Merapi

Pameran ini akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sejumlah kurator fotografi akan hadir dan ikut memajang karyanya, seperti Darwis Triadi, Oscar Motuloh, Arbain Rambey, Don Hasman, Risman Marah, Beawiharta Belly, Soeprapto Soedjono, Johnny Hendarta. Selain itu juga ada Agatha Anne Bunanta, Andiyan Lutfi, Bambang Wijanarko, Fajar Purnomo Sidi, Fauzie Helmy, Ferry Ardianto, Hong Djien Oei, Irwandi Oldprint, Ridha Kusumabrata, Roy Genggam, Suherry Arno, dan Suparno.

Ketua Panitia Pameran Fotografi Internasional Bara-Api,  Teguh Santosa mengatakan, pandemi Covid-19 membuat tatanan ekonomi terpuruk. Para fotografer juga tidak bisa banyak mengasah kemampuan dan membidikkan lensa kamera. Kondisi inilah yang mendasari para komunitas fotografer menggelar pameran berskala internasional.  

“Ternyata antusias dari teman-teman cukup tinggi, ada 228 karya dari 222 fotografer dari 22 negara yang akan kami tampilkan,” katanya, Jumat (21/7/2022). 

Salah satu inisiator pameran dan coordinator kurator pameran Risman Marah mengatakan, Bara-api diambil sebagai representasi Bara yang berarti Vihara dan Api untuk Merapi. Nantinya akan dipamerkan berbagai kisah, sudut dan perspektif dan sejarah Candi borobudur dan Gunung Merapi. 

“Dua ikon di Jateng dan DIY ini kami gabungkan agar lebih dikenal sampai seluruh dunia,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: