Kebumen Raih Penghargaan KPAI sebagai Kabupaten Ramah Anak 2022

Joe Hartoyo ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 20:07:00 WIB
Kebumen Raih Penghargaan KPAI sebagai Kabupaten Ramah Anak 2022
Kabupaten Kebumen meraih penghargaan dari KPAI sebagai Kabupaten Ramah Anak. (foto: istimewa)

KEBUMEN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen meraih penghargaan Anugerah KPAI 2022 dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). KPAI menilai Kabupaten Kebumen memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak melalui Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PA) tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan dalam Penganugerahan KPAI 2022 yang diterima oleh Kepala Bappeda Edi Rianto  di Jakarta, Kamis (21/7/2022). Kebumen menjadi salah satu dari 20 kabupaten/kota yang menerima Anugerah KPAI 2022 untuk Kategori SIMEP Perlindungan Anak Tahun 2022. 

“Penghargaan ini menjadi bukti Kabupaten Kebumen ramah anak. Ini pencapaian yang luar biasa,” kata Edi, Jumat (21/7/2022). 

Edi juga mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Kebumen yang ikut berkontribusi dalam mempertahankan penghargaan ini. Pada 2021 penghargaan serupa juga sudah diperoleh, sehingga ke depan tantangan akan semakin berat.  

“Penghargaan ini akan memotivasi kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pemenuhan hak-hak anak di Kebumen bisa tercapai dengan baik," ujarnya. 

Penghargaan ini mendasarkan pada penilaian dengan melihat  data dan informasi serta skoring nilai melalui Aplikasi SIMEP PA terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, meliputi Indikator Pemenuhan Hak Anak (PHA), Perlindungan Khusus Anak (PKA), Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), dan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD).

Selain itu juga pada inovasi kebijakan dan program terkait penyelenggaraan perlindungan anak, dampak dan implementasi dari kebijakan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: