Festival Pacak Sepuran, Hias Lingkungan Jalur Kereta Jadi Destinasi Wisata

Kuntadi ยท Senin, 29 November 2021 - 09:21:00 WIB
Festival Pacak Sepuran, Hias Lingkungan Jalur Kereta Jadi Destinasi Wisata
Salah satu sudut di Kulur, Temon dihias dengan patung Semar dalam Festival Pacak Sepuran. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Dinas Pariwisata Kulonprogo sukses menggelar Festival Pacak Sepuran, yaitu lomba menghias lingkungan jalur kereta api. Festival ini diikuti 15 kalurahan/kelurahan yang dilewati jalur keteta api dari Banguncipto, Sentolo sampai di Palihan, Temon di dekat area Bandara YIA

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito mengatakan, lomba ini untuk mengangkat nilai seni dan budaya dengan kearifan lokal. Selama ini jalur di kanan kiri rel kereta kurang terawat dan hanya ditumbuhi tanaman ala kadarnya. Melalui lomba ini lingkungan sekitar rel dihias dengan menata dan mempercantik lingkungan agar nuansanya berbeda.

“Dengan lomba ini lingkungan menjadi terkesan lebih cantik dan jauh dari kesan kumuh dengan sentuhan budaya dan kearifan lokal,” kata Joko Mursito,” pada Puncak Festival Pacak Sepuran, Minggu (28/11/2021). 

Lomba ini diikuti 15 kelompok dari kalurahan yang ada di jalur kereta dengan menghias lingkungan rel dengan tema besar tentang pewayangan. Peserta menghias area rel dengan menampilkan tokoh wayang, patung burung hingga orang-orangan sawah. Pernak-pernik warna juga semakin membuat suasana lebih hidup dan meriah. 

“Kami ingin memberikan suasana yang berbeda, dengan menggandeng warga secara swadaya dan melibatkan seniman,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: