Hadapi Dunia Usaha, Siswa SMK Girimulyo Kulonprogo Ikuti Uji Kompetensi Berstandar Nasional

Budi Utomo ยท Rabu, 07 April 2021 - 17:05:00 WIB
Hadapi Dunia Usaha, Siswa SMK Girimulyo Kulonprogo Ikuti Uji Kompetensi Berstandar Nasional
Siswa SMK Girimulyo Kulonprogo mengikuti uji kompetensi agar lebih siap masuk di dunia usaha. (foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id – SMK Negeri 1 Girimulyo, Kulonprogo menggelar uji kompetensi bagi siswa kelas XII jurusan Tehnik Sepeda motor. Pengujian dilakukan oleh assesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Negeri 1 Seyegan yang sudah  berstandar nasional. Harapannya lulusan kompeten dan siap bersaing di dunia usaha. 

“Uji kompetensi ini untuk membekali anak-anak ketika lulus nanti sudah memiliki bukti kompetensi mereka yang telah berstandar nasional,” kata Kepala SMK Negeri 1 Girimulyo, Waryanto, Rabu (7/4/2021). 

Uji kompetensi dengan model ini baru pertama kali dilaksanakan sejak SMK ini didirikan pada 2013 silam. Sebelumnya para siswa hanya mengikuti uji kompetensi kejuruan (UKK) yang dilaksanakan oleh sekolah. Tahun ini ditingkatkan untuk agar mendapatkan pengakuan tingkat nasional. 

“Kami ingin lulusan kita bisa bersaing dan cepat terserap di dunia usaha,” katanya.    

Kepala Jurusan Tehnik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Girimulyo Hari Rahmanto mengatakan, uji kompetensi ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah peserta dibatasi 10 orang untuk mencegah kerumunan. Setiap siswa wajib mengikuti empat klaster.

“Hari ini kita laksanakan dua klaster, yakni klaster tune up dan pemeliharaan berkala dan klaster mesin. Sedangka dua klaster lagi akan dilaksanakan akhir bulan nanti,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2