Harga Gorengan di Gunungkidul Naik, Pedagang: Tepung Terigu Melonjak Rp2.000 per Kilogram

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 07 Juni 2022 - 12:08:00 WIB
Harga Gorengan di Gunungkidul Naik, Pedagang: Tepung Terigu Melonjak Rp2.000 per Kilogram
Pedagang gorengan di Gunungkidul terpaksa menaikkan harga gorengan setelah harga tepung terigu naik Rp2.000 per kilogram. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Pedagang gorengan di Kabupaten Gunungkidul mengeluhkan mahalnya harga tepung terigu. Mereka terpaksa menaikkan harga jual, setelah sebelumnya harga minyak yang naik terlebih dulu. 

“Kemarin minyak goreng mahal, sekarang ganti tepung terigu yang harganya naik,” kata pedagang gorengan di Wonosari, Setyo Ardiyanto, Selasa (7/6/2022). 

Menurunya, kenaikan harga kali ini dirasakan tidak wajar. Satu kantong tepung terigu berisi 25 kilogram naik Rp50.000 atau ada kenaikan Rp2.000 per kilogramnya. Sebelumnya harga tepung terigu per kantong Rp180.000 naik menjadi Rp230.000. Padahal tepung terigu menjadi bahan utama mmebuat gorengan dan tidak bisa digantikan dengan bahan lain.  

Agar tidak merugi, Setya terpaksa menaikkan harga jual gorengan. Ini merupakan pilihan terakhir agar usahanya bisa tetap berjalan. Meskipun tidak sedikit pelanggan yang komplain dengan kanikan ini. 

“Terpaksa naik, karena bahannya mahal minyak juga mahal,” katanya.  

Pedagang grosir di Pasar Argosari, Eni Nur mengatakan, kenaikan harga terjadi dalam tiga hari belakangan. Mereka tidak bisa berbuat banyak karena kenaikan sudah terjadi dari tingkat distributor. Sedangkan pedagang hanya mengambil margin keuntungan yang sama. 

“Tidak tahu penyebabnya, dari distributor juga sudah naik,” katanya. 

Para pelaku UMKM berharap pemerintah segera turun tangan mensikapi permasalahan ini. Apalagi tepung terigu merupakan produk import yang kebijakannya ada di tangan pemerintah. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: