HUT PGRI Bisa Jadi Ajang Kampanye Pilkada, Bawaslu Bantul Awasi Ketat

Antara ยท Selasa, 24 November 2020 - 06:55:00 WIB
HUT PGRI Bisa Jadi Ajang Kampanye Pilkada, Bawaslu Bantul Awasi Ketat
Bawaslu akan awasi kegiatan HUT PGRI di Bantul agar tidak jadi ajang kampanye. (Foto : Ist)

BANTUL, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul akan melakukan pengawasan ketat terhadap kegiatan-kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)ke-75 PGRI. Ini dilakukan untuk guna mencegah menjadi ajang kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada Bantul 2020.

"Kaitan peringatan-peringatan yang mungkin bisa disalahgunakan untuk kampanye, kami akan melakukan pengawasan, dimungkinkan kami juga akan membuat surat imbauan, kaitannya untuk pencegahan," kata anggota Bawaslu Bantul Supardi saat dikonfirmasi di Bantul, Senin (23/11/2020).

Pernyataan tersebut menanggapi adanya sejumlah kegiatan dalam peringatan HUT PGRI di Bantul.

Ia mengatakan, pengawasan perlu dilakukan mengingat banyak dari para guru merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang telah diatur netralitas dalam agenda politik baik dalam Pilkada maupun Pemilu lainnya.

"Pengawasan pelaksanaan di lapangan juga tetap kami lakukan secara langsung. Karena kalau yang ASN jelas diatur netralitas, dan di situ guru banyak yang ASN," katanya.

Dia juga mengatakan, imbauan terhadap ASN secara umum agar menjaga netralitas di Pilkada Bantul sudah sering disampaikan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui surat edaran yang dikirimkan ke pemerintah daerah dalam hal ini Penjabat Sementara Bupati.

"Kalau imbauan ke ASN sudah lama, dari awal dulu sudah sering mengingatkan, jauh-jauh hari sudah kita kirimkan lewat bupati surat edaran untuk netralitas ASN, jadi tidak hanya terbatas ke satu instansi, tetapi guru pun termasuk, kalau mereka ASN jadi bagian pengawasan," katanya.

Editor : Ainun Najib