Industri Kopi di DIY Terancam Dikuasai Pemodal Besar

erfan erlin ยท Rabu, 13 Juli 2022 - 19:31:00 WIB
Industri Kopi di DIY Terancam Dikuasai Pemodal Besar
Bisnis kopi di DIY kini terancam dikuasai oleh para pemodal besar. (Foto Ilustrasi : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- Bisnis kopi di DIY kini terancam dikuasai oleh para pemodal besar. Para pemilik modal besar kini melirik bisnis kopi di DIY karena memiliki perputaran ekonomi yang cukup menggiurkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komunitas Kopi Nusantara, Wisnu Birowo, Rabu (13/7/2022). Menurut Wisnu, sektor per-kopian ternyata berbeda dengan sektor-sektor bisnis yang lainnya. Di saat sektor lain terpuruk akibat pandemi, sektor kopi justru berkembang pesat.

"Industri atau bisnis kopi di DIY berkembang cukup signifikan selama pandemi," ujarnya dalam rangkaian Jogja Coffee Week di Yogyakarta di JEC.

Wisnu tidak menampik jika bisnis kopi di DIY masih cukup legit untuk ditekuni. Perputaran uang dari bisnis kopi ini ternyata cukup besar dibanding sektor lain. Pihaknya mencatat perputaran uang di bisnis kopi sendiri mencapai Rp6 miliar sebulan untuk Jogja bagian Utara saja.

Tak hanya itu, permintaan akan kopi sendiri juga terus mengalami peningkatan. Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengusaha warung kopi. Padahal, petani kopi di DIY hanyalah sekelas petani kopi kecil di tanah air.

"Ini memang ironi juga. Dan harus kita bangun bersama agar semua memberi manfaat maksimal," katanya.

Wisnu menambahkan, selama pandemi Covid-19 justru warung kopi di DIY bertambah jumlahnya. Komunitas Kopi Nusantara mencatat, sebelum pandemi jumlah kedai dan warung kopi di kota ini sekitar 1.700 hingga 2.000 unit.

Dan selama pandemi naik hampir dua kali lipat hingga mencapai 3.000 lebih kedai dan warung kopi. Jumlah tersebut belum termasuk warung angkringan yang juga menjual kopi sebagai salah satu produk jualannya. 

"Setidaknya ada 3.000 warung angkringan yang juga menjual kopi meskipun dalam kemasan yang sangat sederhana,"kata dia.

Karenanya kenaikan jumlah warung kopi ini tentu juga berdampak pada tingginya permintaan kopi itu sendiri. Ini menunjukkan mebutuhan untuk industri tersebut pun cukup besar. Dan DIY sendiri bukan penghasil kopi di tanah air.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: