Isi Kuliah Umum di UMY, Dubes Ukraina: Konflik dengan Rusia Lebih ke Isu Geopolitik

Kuntadi ยท Kamis, 22 September 2022 - 20:11:00 WIB
Isi Kuliah Umum di UMY, Dubes Ukraina: Konflik dengan Rusia Lebih ke Isu Geopolitik
Rektor UMY Gunawan Budiyanto menerima cinderamata dari Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bertajuk The Place of Ukraine in Geopolitics Transformation. Menurutnya invasi Rusia ke Ukraina sebenarnya bukan fokus pada konflik, namun lebih ke isu konflik geopolitik. 

“Isu utama yang lebih berperan pada invasi ini bukanlah pada konfliknya. Tetapi pada isu kompetisi antara Sea Power dan Continental Power,” kata Vasil saat mengisi kuliah umum yang diselenggarakan Lembaga Kerja Sama dan Internasional UMY di Ruang Sidang AR Fakhrudin, Kamis (22/9/2022). 

Sea Power merupakan kekuatan aliansi militer Atlantik Utara yang disebut NATO. Sementara Continental Power itu Rusia, sehingga secara tidak langsung ingin menjadikan kegiatannya sebagai alat untuk pertahanan diri dari berbagai kemungkinan hal yang terjadi. 

Invasi ini telah mengakibatkan kerugian besar terhadap Ukraina dari berbagai bidang, baik ekonomi, kemanusiaan, dan lainnya. Banyak hukum humaniter internasional yang dilanggar Rusia, yang bisa dilihat banyaknya tindakan kekerasan seperti pembunuhan warga sipil, pemerkosaan dan penyanderaan warga Ukraina.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto menyampaikan terima kasih kepada Vasyl Hamianin yang telah menyempatkan waktu berkunjung ke UMY untuk memberikan kuliah umum. 

“Semoga konflik yang terjadi segera mendapat jalan tengah dan perdamaian dunia kembali tercipta,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: