Pengembangan Pariwisata Harus Perhatikan Ekologi Lingkungan, Ini Alasannya

Budi Utomo · Kamis, 22 September 2022 - 19:39:00 WIB
Pengembangan Pariwisata Harus Perhatikan Ekologi Lingkungan, Ini Alasannya
Dirut BOB Indah Juanita meresmikan bantuan toilet bersih di Desa Wisata Tinalah, Kulonprogo, Kamis (22/9/2022). (Foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id - Pengembangan pariwisata berbasis keindahan alam harus mempertimbangan ekologi lingkungan. Bangunan yang ada harus didesain natural agar bisa menyatu dengan alam dengan tetap mencegah kerusakan alam. 

“Menjaga lingkungan itu penting. Alam yang sudah bagus jangan dirusak. Kalau mendirikan bangunan harus menyatu dengan alam,” kata Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BPOB) Indah Juanita saat meresmikan bantuan toilet bersih di Desa Wisata Tinalah, Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo, Kamis (22/9/2022).

Indah mengatakan, BOB saat ini sedang mengembangkan kawasan wisata penyangga Borobudur. Salah satunya dengan membangun Borobudur Highland yang berada di perbatasan Kulonprogo, Purworejo dan Magelang. Wilayah ini tetap dibangun dengan memperhatikan lingkungan.

Selama ini banyak bangunan muncul di sekitar sungai yang dipastikan akan melanggar sempadan sungai. Agar alam tidak rusak, kehadiran bangunan ini harus dicegah. 

“Ini (sungai) harus dilindungi, penegak hukum atau masyarakat harus ikut menjaga kelestarian alam,” katanya.

Bantuan toilet merupakan dukungan BOB terhadap pengembangan pariwisata di kawasan otoritatif. Apalagi Desa Wisata Tinalah merupakan finalis dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), sehingga didukung dalam Pelaksanaan CHSE.  

“Ketika toilet bersih pengunjung pasti akan senang. Toilet merupakan cermin kebersihan dan pengelolaan sebuah rumah ataupun objek wisata,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: