Jalan Jogja-Wonosari Kembali Dibuka, tapi Longsor Masih Mengancam

erfan erlin ยท Sabtu, 26 November 2022 - 13:50:00 WIB
Jalan Jogja-Wonosari Kembali Dibuka, tapi Longsor Masih Mengancam
Lokasi longsoran tebing di atas jalan Jogja-Wonosari tepatnya di dekat kawsan Bukit Bintang. (Foto : MPI/erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id- Jalan Jogja-Wonosari akhirnya dibuka kembali meskipun masih sistem buka tutup. Jumat (25/11/2033) petang ruas, jalan ini sempat ditutup akibat terjadi longsor di dekat Bukit Bintang atau 100 meter dari lokasi longsor sebelumnya yang merusak separuh badan jalan. 

Meski sudah dibuka kembali, namun longsoran susulan masih mengancam di lokasi yang sama yaitu di dekat angkringan Watu Pogok. Pasalnya di atas longsoran saat ini ada rekahan tanah yang dinilai membahayakan jika terjadi hujan deras.

Salah seorang relawan Slumprit (penjaga jalan Jogja-Wonosari), Prayoga menuturkan, longsoran baru yang terjadi saat ini berada di sebelah Angkringan Watu Pogok. Sebelumnya juga pernah longsor dan hanya ditutup terpal. 

Longsoran masih bisa terjadi mengingat di atas tanah yang Jumat sore ambrol sudah menunjukkan ada rekahan. Sehingga hal tersebut sebenarnya perlu diantisipasi agar tidak ada korban.

"Itu sekarang di atas sudah ada rekahan tanah. Tadi dicek petugas kayake rekahannya lumayan lebar, 20-30 cm ada,"kata dia.

Relawan FPRB Piyungan, Ahmad Yani mengatan di lokasi longsoran saat ini pada musim hujan tahun lalu juga pernah mengalami longsor. Namun kala itu tidak sampai berdampak pada jalan Jogja-Wonosari. Para relawan hanya menutupinya dengan terpal dan kemudian sudah lepas pada saat musim kemarau kemarin.

Kawasan tersebut memang rawan mengalami longsor dan termasuk zona merah tanah longsor. Selain di kawasan Bukit Bintang, bukit atau tebing di atas jalan Jogja-Wonosari juga rawan longsor karena kondisinya yang curam.

"Bukit atau tebing di atas jalan Jogja-Wonosari beberapa kali terjadi longsor. Namun sifatnya sporadis, kecil-kecil. Makanya kami menghimbau masyarakat sekitar untuk waspada,"kata tokoh pemuda di Piyungan ini.

Kanit Lantas Polsek Iptu Giyarto menuturkan, jalan Jogja-Wonosari dibuka kembali mulai Sabtu (26/11/2022) dinihari sekira pukul 01.00 WIB. Jalan tersebut bisa dilalui lagi kendaraan usai semua material longsoran yang sempat menutup separuh badan jalan berhasil ditangani.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: