Jalan Tak Layak, Warga Banyuroto Tagih Janji Pemkab Kulonprogo untuk Perbaikan

Kuntadi ยท Jumat, 20 November 2020 - 21:26:00 WIB
 Jalan Tak Layak, Warga Banyuroto Tagih Janji Pemkab Kulonprogo  untuk Perbaikan
Warga Banyuroto, Nanggulan minta kejelasan Pemkab Kulonprogo terhadap jalan yang rusak. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Warga Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan menagih janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo untuk merealiasikan pembangunan ruas jalan Watukodok-Gegunung. Warga siap mendukung pembangunan, termasuk merelakan lahannya untuk pelebaran jalan.

“Warga ingin ada kepastian pembangunan, karena kemarin dijanjikan di 2020 tetapi batal karena ada refocusing anggaran untuk Covid-19,” kata Tokoh Masyarakat Banyuroto, Bambang Nurcahyo, Jumat (20/11/2020).

Warga Banyuroto sempat melakukan audiensi dengan Bupati Kulonprogo Sutedjo pada Rabu (18/11/2020) sore. Hasilnya pemerintah menjanjikan untuk direalisasikan di 2021. Namun bagaimana bentuknya, apakah bangket jalan, pengerasan jalan, atau persiapan jalan belum diputuskan.

“Apapun itu bentuknya harus direalisasikan, karena kondisi jalan yang ada sudah tidak layak,” katanya.

Jalan ini lebarnya hanya 2,5 meter dan berstatus sebagai jalan kabupaten. Saat ini jalan sudah rusak parah dan banyak lubang yang rentan mengakibatkan kecelakaan. Warga dari Pedukuhan Dlingo, Tawang, Sambiroto, Gayam, dan Brangkal juga akan mendukung proyek ini dan merelakan lahannya.

Editor : Kuntadi Kuntadi