Jelang New Normal, Penumpang di Bandara YIA Terus Meningkat

Kuntadi ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 15:29 WIB
Jelang New Normal, Penumpang di Bandara YIA Terus Meningkat
Calon penumpang di Bandara YIA, menjaga jarak saat mengantre. Foto : Humas PT Angkasa Pura I Bandara YIA

KULONPROGO, iNews.id – Sejak ada pelonggaran calon penumpang di masa pandemi Covid-19, penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) terus mengalami peningkatan. Setiap harinya ada 26 rute penerbangan dengan jumlah penumpang mencapai 1.500 orang.

“Sejak bulan ini terjadi peningkatan, rata-rata ada 1.500 penumpang,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, Selasa (23/6/2020).

Jumlah ini, akan meningkat tajam pada akhir pekan, hingga 2.000 sampai 2.500 orang. Sedangkan rute penerbangan juga bertambah dari hari biasa 26 pergerakan menjadi 30 pergerakan. Sedangkan tingkat keterisian mencapai 50 persen, dari ambang batas maksimal 70 persen.

“Rute paling diminati tetap dari dan menuju Cengkareng (CGK), tetapi rute ke Balikpapan dan Ujung Pandang juga tinggi,” katanya.

Sejak tanggal 1 hingga 21 Juni lalu, terdapat 123 pergerakan untuk rute Jakarta. Disusul 64 pergerakan rute Balikpapan 54 rute Ujung Pandang.

Peningkatan jumlah penumpang ini, terjadi semenjak diberlakukannya Surat Edaran Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid 19 Nomor 7 tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid- 19.

PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di Bandara Internasional Yogyakarta, baik bagi penumpang, pengunjung, petugas bandara, maupun mitra usaha. Seluruh personel wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) terutama masker. Selain itu juga dengan menjaga jarak dengan menerapkan pengaturan kursi antrean.

“Petugas kita minta untuk terus mengingatkan penumpang untuk menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan diri,” katanya.

Bandara YIA, sudah beroperasi penuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap penumpang wajib membawa hasil rapid test dan hasil tes swab bagi penumpang tujuan Denpasar Bali.

“Kita juga siapkan rapid test di bandara untuk membantu penumpang,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi