Jual Satwa Dilindungi Undang-Undang, 2 Pemuda di Jogja Ditangkap Polisi

Priyo Setyawan ยท Rabu, 14 April 2021 - 14:52:00 WIB
Jual Satwa Dilindungi Undang-Undang, 2 Pemuda di Jogja Ditangkap Polisi
Petugas menunjukkan tersangka penjual satwa dilindungi dan barang bukti di Mapolda DIY, Rabu (14/4/2021). (Foto Koran Sindo-SINDONews/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY mengamankan MRAE (21) dan JR (31) karena memperdagangkan satwa yang dilindungi. Keduanya hendak menjual Binturong dan Elang Brontok melalui media sosial.  

Wadirkrimsus Polda DIY, AKBP FX Endriadi mengatakan, pengungkapan kasus penjualan satwa dilindungi ini berawal  dari patroli siber yang dilaksanakan petugas kepolisian. Saat itu petugas menemukan adanya percakapan akan ada transaksi penjualan satwa yang dilindungan Undang-undang. Saat itu MRAE menawarkan Elang Brontok seharga Rp.800.000 dan JR menawarkan Binturong Rp.5,5 juta. 

Dari temuan ini petugas melakukan penyelidikan di lapangan. Petugas kemudian melakukan penyamaran dan mengaku sebagai pembeli (undercover buy) dan melakukan transaksi. Petugas akhirnya menangkap MRAE di di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta di Jalan Bantul, Mantrijeron, Yogyakarta pada 18 Februari lalu. Sedangkan JR ditangkap di Purwosari Gunungkidul pada 31 Maret lalu. 

“Keduanya kini menjalani penahanan,” katanya. 

Sebelum dilakukan penangkapan, polisi berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) guna memastikan satwa tersebut dilindungi. Setelah dipastikan satwa tersebut dilindungi, petugas melakukan peangkapan dan dibawa ke Polda DIY.  

“Berkas perkara kedua pelaku saat ini sudah lengkap dan telah dibawa ke Jaksa Penuntut Umum (JPU),” paparnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: