Kepesertaan Sleman dan Kulonprogo di Atas 95 Persen, BPJS Kesehatan Beri Faskes Award

erfan erlin · Selasa, 19 Juli 2022 - 13:16:00 WIB
Kepesertaan Sleman dan Kulonprogo di Atas 95 Persen, BPJS Kesehatan Beri Faskes Award
Salah satu perwakilan dari fasilitas kesehatan menerima award dari BPJS Kesehatan. (Foto : MPI/erfan erlin)

SLEMAN, iNews,id- Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Sleman dan Kulonprogo cukup tinggi. Hingga Juni 2022 yang lalu, masing-masing kabupaten baik Sleman atau Kulonprogo tinggal 5 persen saja dari penduduknya yang belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS).

Kepala Cabang BPJS Sleman, M Idar Aries Munandar mengatakan, kepesertaan masyarakat Sleman ke BPJS Kesehatan mencapai 96 persen dan untuk Kulonprogo sebanyak 95,49 persen dari jumlah penduduknya. Capaian yang cukup tinggi tersebut berkat sinergitas berbagai pihak.

"Ini hasil kerjasama yang baik antara Pemda, Faskes dan juga BPJS Kesehatan,"tutur dia dalam Faskes Award BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Selasa (19/7/2022)

Lelaki yang akrab dipanggil Nanda ini mengungkapkan, BPJS Kesehatan Cabang Sleman terus mendorong fasilitas kesehatan yang bekerja sama untuk selalu mengembangkan inovasi guna peningkatan mutu dan kualitas layanan kepada peserta  Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Hal dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata dari fasilitas kesehatan atas komitmennya dalam penyelenggaraan Program JKN dengan bermuara pada kepuasan peserta yang menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan.

Karena menurutnya, keberhasilan Program JKN tidak hanya bergantung pada BPJS Kesehatan saja. Keberhasilan program ini, tidak terlepas dari ekosistem JKN yang saling mendukung satu sama lain. Salah satunya adalah fasilitas kesehatan, baik itu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

“Dengan adanya komitmen tinggi dari fasilitas kesehatan memberikan pelayanan prima kepada peserta agar program ini dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: