Keren, Masuk Objek Wisata di Kulonprogo Bayar Tiketnya secara Digital

Kuntadi ยท Rabu, 07 April 2021 - 18:05:00 WIB
Keren, Masuk Objek Wisata di Kulonprogo Bayar Tiketnya secara Digital
Bupati Kulonprogo Sutedjo menunjukkan kemudahan transaksi sigitald engan aplikasi QUAT. (foto; iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Pembayaran tiket masuk objek wisata di Kabupaten Kulonprogo kini semakin mudah dengan hadirnya layanan pembayaran dan transaksi secara digital. Sejumlah objek wisata baik yang dikelola pemerintah dan kelompok desa wisata telah dilengkapi dengan aplikasi QUAT (QRIS Ultimate Automated Transaction).

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan, QUAT merupakan aplikasi penerbitan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) bagi pemilik usaha agar proses dengan QR code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. QUAT menjadi bagian dari inovasi Bank BPD DIY dalam layanan transaksi digital.

“QUAT ini diberikan untuk mendukung pengembangan wisata sekaligus mendukung program nasional dalam sistem pembayaran secara digital,” kata Santoso Rohmad saat menyerahkan QUAT kepada pelaku wisata dan pemberian CSR di Objek Wisata Hutan Mangrove Pasir Kadilangu, Kulonprogo, Rabu (7/4/2021). 

Sistem ini juga cocok dipakai dalam masa pandemi Covid-19. Transaksi secara digital menghindari kontak fisik antara pengunjung dan petugas. Selain itu aplikasi juga dinilai lebih aman, praktis dan diakses semua kanal pembayaran. QUAT juga sudah diterapkan di sejumlah usaha kuliner dan para pelaku UMKM hingga perhotelan. Cukup dengan scan barcode siapaun bisa melakukan transaksi.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan dana CSR Bank BPD DIY senilau Rp 1 miliar. Dana ini diwujudkan dalam pemberian bantuan mobil adminduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil maupun bantuan ambulans di RSUD Nyi Ageng serang. Selain itu juga program bedah rumah, beasiswa pendidikan dan pembuatan tugu selamat datang.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2