Keren, Tim Bimasakti UGM Mulai Riset Teknologi Hybrid untuk Mobil Formula

Antara ยท Rabu, 25 Januari 2023 - 10:17:00 WIB
Keren, Tim Bimasakti UGM Mulai Riset Teknologi Hybrid untuk Mobil Formula
Tim Bimasakti UGM memulai riset teknologi hybrid untuk mobil formula. (Foto : HO/UGM)

YOGYAKARTA, iNews.id - Keren, tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memulai riset teknologi hibrida atau hybrid untuk mobil formula. Langkah iniuntuk menyesuaikan perkembangan teknologi otomotif dan motor sport dunia.

Kapten Tim Bimasakti Generasi 12 Yosh Alfaninata mengatakan perkembangan teknologi motor sport dunia yang semakin maju memotivasi Tim Bimasakti untuk mengambil langkah menjadi pionir teknologi hybrid powertrain.

Tim Bimasakti merupakan tim formula mahasiswa Indonesia pertama dari UGM yang dibentuk pada 2010 dan mulai mengikuti kompetisi pada tahun 2011.

"Sebagai langkah awal menjadi pionir teknologi mobil formula hybrid di Indonesia, Tim Bimasakti telah menentukan beberapa keperluan desain yang ingin dikembangkan," ujar Kapten Tim Bimasakti Generasi 12 Yosh Alfaninata melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa (25/1/2023).

Tim Bimasakti juga telah membuat visual tiga dimensi dari komponen-komponen sistem hybrid, yaitu sistem powertrain, drivetrain dan energy storage system.

"Riset teknologi hybrid itu dilakukan berdasarkan pengamatan pada teknologi yang telah diterapkan pada mobil Formula 1, supercar, dan juga mobil produksi lainnya berdasarkan kaidah engineering workflow yang baik mulai dari kalkulasi, analisis, dan validasi, serta melalui berbagai jurnal terkait," ujarnya.

Yosh menyebut sistem hybrid yang dikembangkan Tim Bimasakti memiliki cara kerja yang serupa dengan teknologi hybrid pada mobil-mobil Formula 1. Yakni menggunakan Regenerative Braking System yang mampu memanfaatkan energi yang terbuang akibat proses pengereman sehingga mesin dapat bekerja secara lebih efisien, hemat bahan bakar dan lebih rendah emisi gas karbon. "Sistem ini juga mampu meningkatkan akselerasi dan juga performa mobil," ujar Yosh.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: