KKB Serang Balai Kota, Bantai Wali Kota dan 17 Orang Lainnya

Umaya Khusniah ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 22:47:00 WIB
 KKB Serang Balai Kota, Bantai Wali Kota dan 17 Orang Lainnya
Polisi Meksiko tengah berjaga di salah satu sudut kota. (Foto: wicnews)

MEXICO CITY, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang balai kota di Meksiko bagian selatan. Mereka membantai wali kota dan 17 orang lainnya. 

Peristiwa mematikan ini terjadi di Kota San Miguel Totolapan, negara bagian Guerrero, Rabu (5/10/2022). 

Wali Kota Conrado Mendoza tewas dalam serangan ini. Selain itu ayah wali kota yang juga mantan pemimpin kota itu tewas akibat serangan KKB ini. 

Jaksa Agung Negara Bagian Sandra Luz Valdovinos kepada televisi Milenio Rabu malam mengatakan, ada dua orang terluka dalam serangan. Kondisi lokasi kejadian tampak penuh peluru.

San Miguel Totolapan adalah kota kecil terpencil di Tierra Caliente. Ini merupakan salah satu wilayah paling rawan konflik di Meksiko lantaran disengketakan oleh beberapa geng penyelundup narkoba.

Pada tahun 2016, penduduk lokal Totolapan muak dengan penculikan oleh geng lokal "Los Tequileros". Mereka lantas menculik ibu pemimpin geng untuk ditukar dengan orang lain yang disandera.

Di hari yang sama, di negara bagian tetangga, Morelos, seorang anggota parlemen negara bagian ditembak mati. Dia diserang di Kota Cuernavaca, selatan Mexico City.

Di Cuernavaca, Jaksa Agung Negara Bagian Morelos Uriel Carmona mengatakan, dua pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembak mati Deputi negara bagian Gabriela Marín saat dia keluar dari kendaraan.

Media lokal mengatakan, Marín, anggota Partai Morelos Progress, dibunuh di sebuah apotek di Cuernavaca. Seseorang dengan Marín dilaporkan terluka dalam serangan itu.

Gubernur Morelos Cuauhtémoc Blanco mengutuk serangan itu. Melalui Twitter dia mengatakan, pasukan keamanan dikerahkan untuk mencari para penyerang.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: